Jelang Ethereum Merge, Transaksi ETH/BUSD di Binance Kini Tanpa Biaya

Jakarta, Gizmologi – Platform kripto Binance mengumumkan bahwa pengguna ekosistem mereka dapat membeli dan menjual ether (ETH) dengan BUSD (Binance USD Price) tanpa membayar biaya perdagangan alias gratis. Promosi ini akan berlangsung hingga 26 September.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Binance akan memperkenalkan perdagangan tanpa biaya untuk pasangan dagang spot ETH/BUSD” hingga 26 September 2022 pukul 07.00 WIB,” tulis Binance dalam keterangan resminya,

Langkah ini menurut Binance diambil untuk memberi perlakuan yang sama antara bitcoin dan ether, karena sebelumnya mereka pun menggratiskan biaya perdagangan untuk bitcoin. Hal ini juga terkait dengan langkah The Merge Ethereum.

Di mana sebelumnya, Binance mengenakan biaya perdagangan sebesar 0,1% untuk semua perdagangan ETH/BUSD. The Merge menurut Binance pun bakal menarik banyak pengguna kripto baru ataupun lama untuk menggunakan ekosistem Ethereum, termasuk aset aslinya, yaitu ether.

“Tidak ada biaya tersembunyi di balik promosi itu yang dimaksudkan untuk mengimbangi pembebasan biaya. Ini hanyalah keputusan kami untuk menghapus biaya standar 0,1 persen untuk semua perdagangan spot ETH/BUSD,” lanjut Binance.

Binance menilai, ETH berhak mendapatkan perlakuan yang sama dengan bitcoin yang sudah mendapatkan nol biaya untuk perdagangan sejak awal tahun ini. Selain itu, Binance juga memperkirakan akan ada gelombang pengguna kripto, baik baru maupun lama, yang tertarik dengan ekosistem Ethereum dan aset aslinya, yaitu “eter”.

“Sebagai perusahaan yang mengutamakan pengguna, kami ingin memastikan setiap orang memiliki kesempatan untuk membeli dan menjual ETH dengan sedikit hambatan masuk,” kata mereka.

Baca Juga: Binance Adopsi Format KYC Buat Optimalkan Keamanan Kripto

Transaksi Ethereum Merge

Seperti Bitcoin, Ethereum adalah salah satu pondasi dari ekosistem Web3. Pertama, ETH merupakan aset digital terpopuler kedua berdasarkan volume perdagangan. Kedua, blockchain Ethereum adalah rumah bagi banyak aplikasi terdesentralisasi (DApp) dan berperan penting dalam membuka jalan bagi DeFi, NFT, dan penggunaan smart contract di ruang kripto.

Baca Juga :  Review realme narzo 50 5G: Smartphone Gaming Stylish di Kelas Mid-Range

Binance menepis bahwa cara tersebut hanyalah gimmick pemasaran untuk mendapatkan lebih banyak pengguna. Sebaliknya, Binance mengambil keputusan itu sebagai komitmen mereka untuk mengutamakan pengguna.

Lebih lanjut, alasan mereka menghapus biaya perdagangan untuk pasangan spot ETH/BUSD adalah demi menurunkan biaya masuk sehingga lebih banyak pengguna dapat berpartisipasi dalam momen penting Ethereum dan ekosistem kripto yang lebih besar.

Kendati demikian, Binance mengingatkan bahwa harga aset digital dapat bersifat volatil di mana nilai investasi bisa saja turun atau naik, dan mungkin saja tidak mendapatkan kembali jumlah yang diinvestasikan. Untuk itu, pengguna bertanggung jawab penuh atas keputusan investasi tersebut.