Ingat Ya! Jeda Waktu WhatsApp Hapus Pesan Salah Kirim Jadi 2 Hari

Jakarta, Gizmologi – Platform pesan instan WhatsApp memperpanjang waktu “Delete Message” jadi dua hari. Padahal sebelumnya, fitur ini tidak memerlukan waktu lama untuk menghapus pesan yang sudah terkirim.

Oleh karenanya, pengguna perlu lebih berhati-hati dalam mengirimkan pesan atau emoticon ke pengguna lainnya. Mengingat, perlu waktu hingga dua hari hingga pesan terhapus sepenuhnya setelah fitur tersebut dimanfaatkan.

“Sekarang Anda harus berpikir ekstra karena membutuhkan waktu lebih dari dua hari untuk menghapus pesan anda setelah dikirim,” cuit akun resmi Twitter @WhatsApp, Rabu (10/8/2022).

Lewat update baru ini, pengguna WhatsApp memiliki waktu hingga 60 jam atau dua hari dan 12 jam. Di mana sebelumnya, perpanjangan batas waktu baru ini sudah melewati uji coba beta dan sekarang sudah tersedia untuk semua pengguna.

Dengan demikian kini anda tidak bisa mengirim sembarangan pesan atau emoticon ke pengguna lainnya karena membutuhkan waktu yang cukup lama hingga pesan itu menghilang. Mulanya, pembaruan ini ditujukan untuk fitur ‘Delete for Everyone’ atau hapus ke semua orang, termasuk pengirim dan penerima pesan baik itu di chat individual maupun grup.

Apabila dibandingkan dengan platform serupa seperti iMessage milik Apple, fitur “Delete Message” milik WhatsApp ini masih tetap lebih unggul. Sekalipun Apple telah memperbarui sistem operasinya ke iOS 16, namun Apple belum mengeluarkan fitur tersebut di iPhone, iPad maupun Mac.

Baca Juga: WhatsApp Perbarui Fitur Reactions, Kini Bisa Kirim Semua Emoji

Cara Hapus Pesan WhatsApp

Hapus Pesan WhatsApp
Tampilan Grup WhatsApp

Adapun cara menggunakannya masih sama seperti cara menghapus pesan di WhatsApp sebelumnya. Pertama buka aplikasi WhatsApp dan pilih chat individu atau grup yang ingin kalian hapus isi pesannya.

Baca Juga :  Bantu Komunikasi Bisnis UKM, Indosat Ooredoo Hutchison-VOXOX Hadirkan Cloud Voice

Ketuk dan tahan chat yang ingin kalian hapus, lalu ketuk ‘Delete’ yang dilambangkan dengan ikon tempat sampah. Setelah itu pilih opsi ‘Delete for Everyone’ untuk menghapus pesan ke semua orang.

Perlu diingat sebelum mulai menghapus pesan-pesan kalian yang mungkin memalukan, perlu dicatat bahwa update baru ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah memperbarui aplikasi WhatsApp-nya ke versi paling baru.

Jadi kalau kalian ingin menghapus pesan yang dikirimkan ke pengguna lain tapi pengguna itu belum menggunakan WhatsApp versi terbaru, maka batas waktu dua hari itu belum berlaku. WhatsApp juga tidak akan memberikan notifikasi kalau pesan yang dikirim belum terhapus di layar chat penerima.

Jadi sisi positifnya pengguna kini benar-benar harus berpikir untuk menyampaikan pesannya lewat WhatsApp. Sehingga tidak salah ataupun memalukan mengingat pesannya baru bisa terhapus sepenuhnya setelah dua hari fitur itu dimanfaatkan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News