Kecepatan Internet Jaringan 5G di Indonesia Diklaim Telah Meningkat

London, Gizmologi – Meskipun penerapannya bisa dibilang baru seumur jagung, penetrasi jaringan 5G di Indonesia sudah memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Setidaknya ini yang diklaim oleh OpenSignal, analis industri telekomunikasi global.

Berdasarkan datanya yang diungkap di situs resminya, OpenSignal menyatakan bahwa penerapan jaringan 5G di Indonesia telah memberikan peningkatan yang signifikan dalam pengalaman seluler dibandingkan teknologi 4G dan 3G. Hal ini berdasarkan analisanya berdasarkan pengalaman seluler secara nyata dari pengguna ponsel di Indonesia pada jaringan 3G, 4G, dan 5G, kemudian membandingkannya satu sama lainnya dalam hal kecepatan unduh dan unggah, meliputi streaming video dan multiplayer gaming.

Dari analisa tersebut ditemukan beberapa fakta, di antaranya:

  • Kecepatan unduh mencapai rata-rata 64,3 Mbps saat terhubung dengan jaringan 5G, yakni 3,9 kali lebih cepat dari 4G dan 10,8 lebih cepat dari 3G.
  • Kecepatan unggah dalam jaringan 5G juga mengalami kenaikan mencapai rata-rata 19,6 Mbps saat terhubung ke 5G, yakni 2,6 kali lebih cepat daripada 4G dan 3,6 kali lebih cepat daripada 3G.
  • Kualitas pengalaman game dengan jaringan 5G sudah sangat baik dengan peringkat Good, dibandingkan dengan 4G yang peringkatnya Fair dan Very Poor untuk 3G.

Jaringan 5G

Kecepatan Unggah di Jaringan 5G Makin Penting

Ketika kecepatan unduh mendapatkan perhatian lebih, kecepatan unggah juga menjadi aspek yang penting dalam pengalaman mobile dengan adanya perubahan konsumsi dan pola kebiasaan pada pengguna ponsel. Kecepatan unggah saat ini diklaim sangat memengaruhi kenyamanan dalam pengalaman mobile, di mana pengguna bisa berbagi file yang besar seperti foto atau video melalui layanan media sosial atau lampiran pada email.

“Dengan ponsel sebagai layar utama dan internet nirkabel sebagai sebagai mode pilihan untuk mengakses konten online, layanan video streaming di Indonesia baik itu lokal maupun platform global telah berkembang. Ini berarti operator di Indonesia berada pada posisi utama untuk menyediakan layanan streaming video berkualitas kepada konsumen,” demikian bunyi pernyataan OpenSignal.

Baca Juga :  Telkom Metaverse Ecosystem Wadah Kreator Kembangkan Industri Kreatif

Baca juga: Jaringan 5G Indosat Ngebut di Sirkuit Formula E-Prix Jakarta

Sekedar informasi, Indonesia baru meluncurkan layanan 5G pada tahun lalu dengan Telkomsel sebagai operator pertama yang menghadirkannya secara komersial dan terbatas di beberapa kawasan diikuti dengan Indosat dan XL. Untuk Smartfren saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengadopsi layanan ini.