Shutdown Jaringan 3G Indosat Berakhir Tahun 2022

Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memperkirakan shutdown jaringan 3G akan selesai pada akhir tahun ini. Di mana proses penghentian jaringan untuk 3G iM3 nyaris 100% dan provider Tri yang mendekati 80%.

“Akhir tahun ini. Akhir tahun 2022 diusahakan shutdown,” kata Director and Chief Regulatory Officer IOH, Muhammad Danny Buldansyah, usai konferensi pers IOH sebagai Official Partner 5G of 2022 Jakarta E-Prix, Selasa(31/5/2022).

Ia beralasan, saat ini Indosat Ooredoo sudah memiliki jaringan 2G, 3G, 4G, dan mulai pelan-pelan masuk ke 5G. Dengan empat tipe jaringan itu, ia menilai kalau salah satu mesti dimatikan agar lebih efisien.

Terlebih Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia resmi merger pada September 2021 lalu. Untuk itu perusahaan berfokus pada integrasi jaringan kedua perusahaan lebih dulu.

“Kan meluncur 147 hari umurnya IOH. Punya dua karakter agak berbeda Indosat Ooredoo dengan Hutchison 3. Salah satu implementasi 3G, spektrum band cukup menyebar,” jelasnya.

Shutdown Jaringan 3G

Jaringan 3G

Ia juga memastikan kalau menara BTS yang dimiliki Indosat saat ini sudah menampung gabungan 3G dan 4G. Untuk itu maka pelanggan tak perlu khawatir apabila jaringan 3G dimatikan

Terkait wilayah yang mau dimatikan, Danny mengaku kalau Indosat akan mematikannya jaringan 3G secara merata. Artinya, tidak ada wilayah yang diprioritaskan lebih dulu dalam mematikan jaringan 3G.

“Secara nasional saja, sekarang sudah mulai (dimatikan 3G). Jadi di setiap area itu masih ada yang sedikit-sedikit. Makanya total sisanya itu tinggal sedikit,” papar Danny.

Selain IOH, dua operator lainnya seperti Telkomsel dan XL Axiata juga diketahui menghentikan jaringan 3G secara bertahap. Sedangkan Telkomsel akan meng-upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga akhir 2022.

Baca Juga :  2022 PMPL SEA CHAMPIONSHIP SPRING FINALS Dimulai, realme Adakan Kompetisi Berhadiah Rp150 Juta