Rumor iPhone SE Baru, Bakal Mirip iPhone XR?

Jakarta, Gizmologi – Sebentar lagi, Apple bakal mengadakan acara tahunan akbar Apple Event di mana iPhone 14 Series bakal diresmikan. Kabarnya varian Pro punya peningkatan yang cukup tinggi dengan kamera dan desain baru. Namun begitu, kini muncul rumor terkait iPhone SE baru—opsi paling terjangkau konsumen saat ini.

Bagi mereka yang sekadar ingin membeli iPhone dengan performa paling tinggi tanpa mementingkan fitur seperti kamera, kualitas layar dan sebagainya, iPhone SE memang selalu jadi alternatif andalan. Namun selama ini, seri tersebut selalu menggunakan desain iPhone lawas—mulai dari iPhone 5S, sampai dua generasi terakhir yang meniru iPhone 7.

Rumor yang baru saja muncul akhir Agustus ini mengatakan kalau akhirnya iPhone SE baru bakal membawa desain baru—tak sepenuhnya baru, namun meninggalkan desain sebelumnya yang selalu membawa Home Button. Membuatnya bakal lebih terlihat mendekati iPhone baru, dengan desain layar penuh.

Baca juga: iPhone 14 Series Siap Meluncur 7 September, Berikut Bocorannya!

Bakal Tinggalkan Home Button?

iPhone SE (2020) iPhone SE baru

Rumor terkait iPhone SE baru ini disampaikan oleh Jon Prosser, seorang YouTuber yang tidak jarang membocorkan informasi Apple. Dari semua rumor yang disampaikan, memang tidak sepenuhnya terbukti benar. Namun setidaknya ini merupakan bocoran yang bisa dibilang segar terkait iPhone SE 2023.

Prosser menyampaikan bocoran iPhone SE baru dalam sebuah episode podcast “Geared Up” bersama dua YouTuber lainnya yakni Andru Edwards dan Jon Rettinger. Ia menyampaikan, “iPhone SE 4, dari yang saya pahami – dan nampaknya belum saya umumkan secara publik – hanyalah iPhone XR.” Belum jelas bakal sepersis apa iPhone SE baru dengan salah satu iPhone yang paling laris tersebut.

Bila benar adanya, pada akhirnya iPhone SE baru bakal meninggalkan tombol fisik dan bergabung dengan desain layar penuh. Bisa jadi juga membawa sistem keamanan Face ID seperti iPhone baru lainnya. Namun untuk ukuran layar, sumber lain menyebutkan bakal lebih kecil dari iPhone XR.

Baca Juga :  Fitur Kamera Samsung Terbaru Ini Bakal Hadir ke Sejumlah Flagship Lama

Layar iPhone SE Baru Lebih Kecil dari iPhone XR

iPhone 12 mini

Dikutip dari MacRumors, konsultan industri Ross Young yang punya track record cukup akurat dalam menyebarkan rumor sebutkan bahwa Apple berencana untuk merilis iPhone SE baru generasi keempat dengan layar berukuran 5,7 inci—ukuran yang bisa dibilang cukup unik.

Karena iPhone layar penuh sebelumnya memiliki ukuran layar berbeda. Mulai dari iPhone seri mini (5,4 inci), iPhone X (5,8 inci), maupun iPhone XR dan iPhone 12 Series (6,1 inci).

Umumnya, iPhone SE baru bakal membawa prosesor yang sama seperti iPhone pada tahun yang sama. Seperti iPhone SE 2022 yang mengusung chipset A15 Bionic—sama seperti iPhone 13 Series. Tentunya memiliki perbedaan pada layar, kamera dan bagian lainnya.

Bila disebutkan mirip iPhone XR, bisa jadi menggunakan kualitas panel yang serupa, dengan bezel yang sedikit lebih tebal. Atau karena mengusung setup kamera yang sama, alias hanya ada satu di bodi belakangnya. Memanfaatkan olah software untuk hasilkan efek portrait.