iPhone 14 Series Siap Meluncur 7 September, Berikut Bocorannya!

Jakarta, Gizmologi – Sudah menantikan kehadiran dari smartphone Apple terbaru? Bagi kamu para fanboy Apple atau sekadar penggemar teknologi, iPhone 14 Series bakal hadir sebentar lagi. Tidak perlu menunggu waktu lama, karena kamu bisa menyaksikan kehadirannya awal bulan depan, yakni pada 7 September 2022.

Ya, ini merupakan acara yang digelar satu tahun sekali. Berbeda seperti Samsung yang hadirkan dua flagship berbeda (Galaxy S Series & Z Fold Series) di awal dan akhir tahun, Apple selalu hadirkan flagship terbarunya kisaran bulan September, satu kali dalam setahun saja. Kabarnya, iPhone 14 Series bakal membawa banyak perbedaan.

Dari tahun ke tahun, rasanya peluncuran iPhone terbaru semakin cepat. Rumor yang juga tidak kalah kuat adalah varian dari iPhone 14 Series, kabarnya bakal dibuat berbeda. Tak lagi membawa seri mini, malah akan digantikan dengan varian standar berlayar besar. Salah satunya akibat kurang diminati di pasar, di mana masyarakat lebih memilih untuk punya smartphone layar besar.

Baca juga: Apple Yakin Penjualan iPhone 14 Bakal Laku Keras

iPhone 14 Series Bakal Punya Kamera Zoom Jauh?

iPhone 14 Series

Kehadiran iPhone 14 Series pada tanggal 7 September sendiri dibocorkan langsung oleh pihak resmi Apple. Seperti biasa, mereka telah menyebar undangan digital, kali ini dengan slogan “Far Out” berlatar belakang langit dan sejumlah obyek yang membentuk logo Apple tersebut. Dari gambar ini, beberapa pengamat teknologi mencoba untuk menerjemahkan maknanya.

Beberapa di antaranya adalah dugaan kalau iPhone 14 Series bakal dilengkapi dengan mode astrophotography, seperti pada Google Pixel Series, bahkan proyek Apple untuk memiliki pesawat luar angkasa. Namun yang cukup realistis adalah kemampuan kamera iPhone yang nantinya bisa lakukan zoom lebih jauh.

Baca Juga :  START Summit 2022, Langkah Tokopedia Atasi Defisit Talenta Digital

Sampai saat ini, iPhone memang agak sedikit tertinggal mengingat zoom maksimal hanya sebatas 3x optical zoom saja, sementara flagship Android sudah mulai memiliki sensor periskop dengan kemampuan zoom sangat jauh—termasuk Galaxy S22 Ultra yang bisa sampai 100x “space zoom”, kombinasi digital dan bantuan AI. Nah, kabarnya, iPhone 14 Pro series akhirnya akan gunakan sensor kamera utama 48MP.

Mengapa akhirnya naik secara resolusi? Karena untuk perekaman video dalam resolusi 8K, dibutuhkan resolusi kamera minimum 48MP. Apple juga nantinya bakal implementasi teknologi pixel-binning, sehingga output fotonya bakal tetap 12MP, gabungan dari empat piksel individu untuk kualitas lebih baik.

Empat Varian iPhone 14 Series

iPhone 14 Series

Tentu saja, semua yang disebutkan di atas masih berdasarkan rumor, alias kita nantikan saja kebenarannya pada saat peluncuran. Rumor lainnya adalah empat varian dari iPhone 14 Series, yang bakal terdiri dari iPhone 14, 14 Max, 14 Pro, dan 14 Pro Max. Untuk dua versi pertama, kabarnya bakal tetap gunakan chipset milik iPhone 13 Series, termasuk memiliki ukuran notch yang juga masih sama.

Namun tidak menutup kemungkinan performanya bakal tetap meningkat, berkat kombinasi hardware lain atau desain internal yang sudah ditingkatkan. Sementara untuk iPhone 14 Series versi Pro, selain punya kamera belakang baru, juga bakal meninggalkan desain notch yang diteruskan dari iPhone X. Akhirnya mengikuti flagship lain dengan kamera punch-hole.

Hal tersebut karena sistem kamera depan iPhone yang lebih kompleks, membuat vendor asal Cupertino satu ini membutuhkan waktu lebih lama sampai pada akhirnya bisa meringkas semua sensor tersebut ke dalam bentuk yang jauh lebih kecil. Untuk itu, kita nantikan kehadiran iPhone 14 Series bersama-sama ya.

Baca Juga :  Sony WH-1000XM5 Hadir dengan Desain Baru & Mikrofon Berbasis AI