iOS 16 Public Beta Sudah Tersedia, Berikut Cara Daftar & Mencobanya!

Jakarta, Gizmologi – Apple memang tengah menyiapkan lini smartphone terbarunya yakni iPhone 14 Series. Namun sebelum keempat perangkat tersebut resmi diluncurkan, sistem operasi terbarunya bakal dimatangkan lebih dulu. Kamu pun sudah bisa mulai coba iOS 16 Public Beta, termasuk iPadOS 16 dan lainnya.

iOS 16 sendiri pertama kali diperkenalkan pada acara tahunan Worldwide Developer Conference alias WWDC 2022, yang diadakan beberapa pekan lalu. Selain software baru, juga diluncurkan dua laptop MacBook Pro M2 serta MacBook Air M2 terbaru, yang mulai saat ini sudah bisa dipesan di beberapa negara tertentu, belum termasuk Indonesia.

Baca juga: iPhone 11 Kembali Turun Harga, iPhone SE 2 Kini Mulai Rp6 Juta

Sebelum iOS 16 Public Beta tersedia, tentunya Apple gulirkan versi percobaan lebih dulu untuk para pengembang aplikasi melalui versi Developer Beta. Kini setelah muncul pembaruan versi Developer Beta 3, Apple memutuskan untuk mengajak semua pengguna, termasuk non-developer agar bisa ikut menyempurnakan software yang didukung untuk iPhone 8 ke atas tersebut.

Cara Unduh iOS 16 Public Beta

iOS 16 Public Beta

Seperti software versi beta sebelum-sebelumnya, iOS 16 Public Beta versi pertama ini tentu bakal banyak “dilengkapi” oleh bug alias fitur-fitur yang masih belum sempurna. Sehingga pastikan untuk dapat menerima risiko tersebut, atau menjajalnya di perangkat yang bukan sebagai perangkat utama—supaya tak mengganggu komunikasi sehari-hari.

Cara untuk mendapatkan iOS 16 Public Beta juga tentunya masih sama. Kamu bisa mengakses situs Apple Beta Software Program langsung dari peramban Safari di iPhone yang kompatibel, lakukan proses sign-in, kemudian pilih “enroll your iOS device.” Di halaman berikutnya, gulirkan ke bawah sampai menemukan tombol untuk unduh profil khusus iOS 16 Public Beta.

Baca Juga :  Xiaomi TV Q1E 55” Rilis di Indonesia, Mendukung DVB T-2 Untuk Siaran TV Digital

Jika sudah, keluar dari Safari dan masuk ke menu Settings. Nantinya bakal ada tombol baru “profile downloaded”, yang bila dibuka adalah profil dari iOS 16 Public Beta. Klik install di atas kanan, lakukan proses restart, dan cek pembaruan perangkat lunak alias software update. Maka iOS 16 Public Beta sudah siap diunduh dan update langsung.

Umumnya, ukuran pembaruan bakal sangat besar, karena naik versi dari iOS 15 ke iOS 16. Kamu bakal bisa melakukan proses downgrade ke versi sebelumnya—untuk berjaga-jaga, pastikan untuk backup data ketika masih di iOS 15 terbaru lewat iTunes, supaya ketika downgrade nantinya masih bisa restore dari file backup terbaru.

Yang Baru di iPadOS 16 & iOS 16 Public Beta

iOS 16

Apa saja yang bisa Gizmo friends coba di iOS 16 Public Beta? Cukup banyak. Baik iPhone 8, iPhone SE sampai iPhone 13 Series bakal bisa menikmati tampilan lock screen baru yang kini bisa dilengkapi widgets khusus. Pilihan wallpaper jauh lebih banyak, dan bentuk jam bisa diubah serta secara dinamis menyesuaikan dengan permukaan obyek pada wallpaper.

Fitur kirim pesan iMessage juga diperbarui dengan fungsi edit dan hapus pesan, serupa dengan Telegram. Selain iOS 16 Public Beta, iPadOS 16 Public Beta juga bisa dicoba untuk seri iPad yang mendukung. Tampilannya juga diperbarui—khusus iPad dengan cip Apple M1, bakal bisa menikmati fitur baru yakni Stage Manager.

Stage Manager iPadOS 16

Mengikuti langkah Samsung yang hadirkan fitur DeX ke tablet Androidnya, Stage Manager di iPadOS 16 mungkinkan pengguna untuk jalankan lebih dari satu jendela aplikasi dalam sebuah layar. Saat ditancapkan ke monitor eksternal, monitor tersebut juga bakal jadi desktop tambahan, alih-alih sekadar mirroring, untuk multitasking yang jauh lebih baik.

Baca Juga :  Spesifikasi & Harga Vivo X Fold: dengan Snapdragon 8 Gen 1