Lewat iOS 16, iPhone 14 Bakal Punya Fitur Always-on Display

Jakarta, Gizmologi – Apple umumnya memang rilis smartphone terbarunya, iPhone pada masa-masa akhir tahun. Namun hype atau perbincangan terkait iPhone baru umumnya sudah dimulai jauh hari sebelumnya. Kali ini, giliran Mark Gurman dari Bloomberg yang bocorkan informasi terbaru terkait iPhone dan iOS 16 versi mendatang.

Dalam pekan depan, Apple bakal menggelar acara tahunan Worldwide Developer Conference alias WWDC 2022. Diadakan secara hybrid, acara tersebut umumnya akan perkenalkan versi OS terbaru mulai dari macOS, iOS hingga watchOS. Apakah bakal ada hardware baru? Kabarnya sih, MacBook Air M2 bakal muncul nantinya. Meski rumornya tidak sekuat iOS 16.

Yang menarik dari iOS 16, kabarnya bakal ada cukup banyak perubahan pada tampilan, terutama tampilan layar depan. Seperti yang kita tahu, Apple bisa dibilang inferior dalam hal menampilkan notifikasi. Terutama bila dibandingkan Android, yang kini bahkan bisa mengategorikan sesuai jenis aplikasi seperti obrolan maupun lainnya. Nah, fitur apa yang patut dinantikan?

AOD di iOS 16 Manfaatkan Jenis AMOLED Hemat Daya

iPhone 13 Pro

Mark menyebutkan, iOS 16 bakal membawa wallpaper lock screen atau layar kunci baru dengan fitur seperti widget. Sebelumnya, pengguna iPhone dengan iOS yang ada saat ini harus menggeser layar ke kiri, untuk akses widget yang sudah dipilih untuk ditampilkan. Tak sampai di situ, always-on display juga akhirnya bakal tersedia.

Selain chipset Apple yang memang efisien daya, absennya fitur AOD hingga iPhone 13 Pro Max tentunya juga berkontribusi terhadap daya tahan baterai. Nantinya, berkat penggunaan panel LTPO di iPhone 14 Pro Series, Apple bakal pede untuk hadirkan fitur ini bersama iOS 16 tanpa takut menguras daya terlalu banyak.

Baca Juga :  Gimbal DJI seri Ronin Sudah Bisa Dipesan Offline dan Online

Masih belum diketahui apakah hanya iPhone 14 Pro & 14 Pro Max yang mendukung AOD, atau bakal diturunkan juga ke 13 Pro Series mengingat sudah menggunakan jenis AMOLED LTPO. Bila Gizmo friends belum familiar, Apple sendiri pertama kali pakai jenis panel tersebut ke Apple Watch Series 5 rilisan 2019—yang juga akhirnya mendukung AOD.

Bakal Punya Kamera 48MP

iPhone 13 Pro

Sebelumnya, Mark juga telah menyebutkan beberapa fitur peningkatan yang eksklusif hadir untuk iPhone 14 Series. Beberapa di antaranya seperti sistem kamera depan baru dengan desain yang jauh lebih minimalis, prosesor Apple A16, serta sensor utama 48MP di bagian belakang supaya bisa lakukan perekaman video 8K.

Ya, dari rumor yang sudah beredar, kemungkinan iPhone 14 versi non-Pro akan gunakan chipset yang sama seperti iPhone 13 Series. Tak hanya itu, versi Mini bakal dihilangkan. Sebagai gantinya, hanya akan ada iPhone 14 & iPhone 14 Max. Seolah mengonfirmasi kalau konsumen memang lebih memilih layar besar daripada penggunaan nyaman satu tangan.

Selain iPhone 14 Series, informasi yang cukup dinantikan pada WWDC 2022 mendatang adalah kemunculan MacBook Air terbaru dengan chipset Apple M2. Generasi M1 sendiri memang telah rilis sejak 2020, dengan desain yang masih sama seperti generasi-generasi sebelumnya.