Indosat Ooredoo Hutchison x Google Cloud Bantu Transformasi UMKM Naik Kelas

Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), melalui Indosat Business melanjutkan kerja sama strategisnya bersama Google Cloud. Kolaborasi keduanya guna mempercepat transformasi digital di seluruh segmen, secara khusus membantu UMKM agar naik kelas di Indonesia.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, menjelaskan kemitraan strategis ini telah diumumkan pada November 2021 lalu. Kemitraan Indosat Business dengan Google Cloud akan mencakup beberapa area solusi digital di segmen konsumen dan perusahaan.

“Kolaborasi dengan Google ini juga sejalan dengan misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” ujar Bayu di kantor pusat IOH Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Adapun Indosat Business melakukan pengembangan inovasi teknologi digital berbasis IoT (Internet of Things), Advanced Data Analytics, serta Cloud and Collaboration Tools untuk mendukung transformasi digital untuk korporasi, UMKM, pendidikan, dan pemerintahan.

“Bersama Google Cloud menyediakan solusi-solusi yang sesuai bagi pelanggan untuk mendigitalisasi operasional mereka, sehingga efektivitas dan efisiensi yang mendorong pertumbuhan bisnis,” imbuhnya.

Layanan Google Cloud Bantu UMKM Naik Kelas

Gabungan kemampuan terbaik IOH dan Google Cloud juga akan menyediakan solusi hybrid cloud, sebagai solusi menyeluruh untuk teknologi informasi dan komunikasi. Kerja sama Indosat Business dan Google Cloud juga telah digunakan oleh beberapa universitas ternama termasuk UIN Walisongo yang menggunakan solusi GCP (Google Cloud Platform) dalam membantu sistem pendidikan.

“Kemudahan dan kecapatan dalam implementasi Google Cloud dari Indosat Business sangat membantu kami dalam menjalankan proses seleksi SPAN-PTKIN dan UMPTKIN. Seluruh proses dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan time plan dan dapat termonitor dalam satu dashboard secara real-time,” pungkasnya.

Baca Juga: Gandeng Akseleran dan Avantee, Bhinneka Bantu UMKM Naik Kelas

Baca Juga :  Apa itu Cloud Gaming? Kelebihan dan Kecepatan Internet Ideal

Dalam kesempatan tersebut, Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie memaparkan kehadiran layanan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman digital kelas dunia, sekaligus menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat dengan teknologi terkini. Salah satunya kemampuan Advanced Data Analytics, IoT and AI yang bisa membantu One Stop Digital Business Ecosystem.

“Bisnis kalau tidak bertranformasi tentunya akan punah seperti dinonaurus. Jadi Google Cloud menghubungkan dan memberdayakan para pelaku bisnis, termasuk UMKM di Indonesia. Platform ini memungkinkan pelanggan mendapatkan kemudahan untuk menjalankan bisnis dengan aplikasi digital, menjangkau calon pelanggan secara luas serta kemudahan transaksi,” paparnya.