Intel Pensiunkan Lini Brand Prosesor Pentium dan Celeron Mulai 2023

Jakarta, Gizmologi – Intel berencana untuk memperbarui lini brand prosesornya. Di mana mereka tak lagi menggunakan nama merek Pentium dan Celeron mulai kuartal pertama 2023 mendatang.

Selama ini brand chipset Pentium dan Celeron menjadi opsi dasar untuk jajaran CPU Intel, khususnya perangkat entry-level. Namun mulai tahun ini, jajaran CPU Intel pun diganti dengan Intel Processor yang lebih baru.

“Intel berkomitmen untuk mendorong inovasi untuk memberi manfaat bagi pengguna, dan keluarga prosesor entry-level kami sangat penting untuk meningkatkan standar PC di seluruh titik harga,” kata VP Intel Josh Newman dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (18/9).

Intel Processor digadang-gadang hadir untuk menggantikan brand CPU Celeron dan Pentium, yang pada pasar notebook tidak akan memiliki generasi baru. “Branding Intel Processor akan menyederhanakan penawaran kami sehingga pengguna bisa fokus dalam memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka,” sambungnya.

Prosesor baru ini akan berada di bawah keluarga Intel Core. Intel Core, di mana brand tersebut bakal tetap menjadi standar untuk produk kelas menengah dan atas pada pasar laptop dan desktop.

Baca Juga: Intel & Broadcomm Pamer Kemampuan Wi-Fi 7 Tembus 5 Gbps

Prosesor Pentium dan Celeron Digantikan Intel Prosesor

Setelah perubahan nama ini, Intel akan fokus pada brand Core, Evo, dan vPro untuk produk flagship-nya dan menggunakan Intel Processor untuk produk esensial. Proporsi terbaru ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja laptop terjangkau yang memerlukan komponen tambahan lebih menyeluruh.

Dengan pengumuman ini, brand Pentium resmi berakhir sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 1993. Saat baru diluncurkan, Pentium merupakan chip flagship yang ditujukan untuk mesin desktop high-end sebelum digunakan untuk laptop.

Baca Juga :  Cari Dokter di SehatQ ketika Hadapi 5 Kondisi Ini

Sejak tahun 2006, Intel mulai menggunakan brand Core untuk lini prosesor flagship-nya. Dari sana brand Pentium diturunkan kelasnya untuk menjadi brand prosesor kelas menengah (Mid-range)

Sedangkan Celeron merupakan brand yang digunakan Intel untuk perangkat entry-level dengan harga terjangkau. Brand ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 dan saat ini Intel Celeron banyak digunakan oleh Chromebooks dan laptop murah.

Intel mengatakan perubahan brand ini tidak akan mempengaruhi produk yang mereka tawarkan saat ini atau road map ke depannya. Perubahan nama ini juga diumumkan menjelang pengumuman prosesor Intel Core generasi ke-13.