Intel Core 12th Gen Tenagai 30 Laptop Baru di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Intel resmi memperkenalkan prosesor (CPU) Intel Core 12th Generasi ke-12 (Alder Lake) di Indonesia. Generasi terbaru dari proseseor intel ini akan mengisi 30 seri laptop dari enam merek terkemuka di Indonesia.

Director of Consumer Sales Intel Corporation Asia, Cekiel Danielson, mengatakan bahwa prosesor mobile Intel Core Generasi ke-12 ini memiliki kombinasi inti (core) untuk meningkatkan performa sekaligus daya baterai laptop di berbagai aktivitas mulai dari gaming, multitasking, dan lain sebagainya.

“Jajaran laptop terbaru yang ditenagai Intel Core Alder Lake ini hadir di berbagai segmen laptop mulai dari laptop ultra-thin hingga laptop berperforma tinggi untuk para enthusiast,” tutur Danielson.

Secara keseluruhan, ada empat seri CPU Intel Core Alder Lake mobile yang diperkenalkan Intel Indonesia mencakup U-Series, P-Series, H-Series, dan HX-Series. Beberapa keunggulan yang ditawarkan Intel Core 12th Gen antara lain peningkatan performa dari banyak sektor, ditambah konektivitas perangkat serta koneksi di-upgrade.

Semua prosesor ini dirancang menggunakan teknologi Intel 7 yang menggunakan arsitektur hybrid performance. Arsitektur ini memungkinkan Intel menggabungkan dua tipe inti (core) yang memiliki fungsi berbeda, yaitu performance cores (P-cores) dan efficient cores (E-cores).

Arsitektur Hybrid Intel Core 12th Gen

Intel Core 12th Gen

“Kombinasi arsitektur hybrid yang menggabungkan P-core dan E-cores membuat laptop yang ditenagai Intel Core Generasi Ke-12 lebih bertenaga, namun tetap hemat daya,” kata Asia Pacific and Japan Consumer Segment Director Intel Moushumi.

Jumlah core yang dibawa masing-masing model berbeda. Misalnya, Core i9-12950HX yang merupakan varian dengan performa tertinggi memiliki 16 core yang terdiri dari 8 P-core dan 8 E-core.

Baca Juga :  Bocoran Harga Google Pixel 7 Series yang Bakal Rilis 7 Oktober

Core i9-12950HX jadi jagoan Intel di prosesor generasi ini. Performa single thread prosesor ini diklaim 17% lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, dan performa multi thread-nya 64% lebih tinggi.

Saat ini ada lebih dari 30 laptop dari Acer, Asus, HP, Lenovo, Dell, dan MSI yang hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-12. Sebanyak 13 di antaranya sudah memiliki sertifikasi Intel Evo.

Adapun laptop-laptop anyar yang ditenagai dengan prosesor mobile terbaru Intel tersebut bakal hadir dari berbagai merek seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, hingga MSI. Beberapa model laptop yang ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-12 antara lain:

ACER

Acer New Swift 5 (Intel Evo)

Acer New Spin 5 (Intel Evo)

Acer Predator Helios 300

ASUS

ASUS Zenbook 14 OLED (Intel Evo)

ASUS Zenbook Pro 14 Duo (Intel Evo)

ASUS TUF Gaming F15

ASUS ROG Scar 15/17

ASUS ROG Zephyrus M16

ASUS ROG Flow Z13

DELL

Dell XPS13 (Intel Evo)

HP

Intel Core 12th Gen

HP Gaming Omen

HP Spectre X360 (Intel Evo)

Lenovo

Lenovo Yoga 9i (Intel Evo)

Lenovo Yoga Slim 9i (Intel Evo)

Lenovo Yoga Slim 7i Pro (Intel Evo)

Lenovo Legion 5i Pro

Lenovo Legion 5i

Lenovo Ideapad Gaming 3i

Lenovo Legion Tower 7i

MSI

MSI Summit E13Flip (Intel Evo)

MSI Prestige 14 (Intel Evo)

MSI Summit E14 Flip / E14 (Intel Evo)

MSI Stealth GS66

MSI Raider GE76

MSI Raider GE66

MSI Vector GP66

MSI Crosshair 15

MSI Katana GF76

MSI Katana GF66

MSI Modern 14