Rilis di China Intel Arc A380, GPU untuk Gamer dan Konten Kreator

Jakarta, Gizmologi – Intel resmi memperkenalkan graphics processing unit (GPU) baru miliknya, yang bernama Intel Arc A380. Diskrit graphic card ini adalah produk grafis desktop pertama dari Arc A-series 3 yang menghadirkan opsi baru bagi para mainstream gamer dan kreator konten.

“Produk grafis desktop Intel Arc A-series 3 merepresentasikan langkah lanjut Intel dalam menghadirkan discrete graphic ke pasar. Seri ini adalah GPU desktop pertama dari Intel dengan fitur lengkap dan berbasis mikroarsitektur Intel Xe High Performance Graphics (Xe HPG),” kata Intel dalam keterangannya, Rabu (15/6).

GPU Intel Arc A380 dengan 6GB GDDR6 untuk mendukung game terbaru ini akan tersedia melalui ekosistem mitra PC desktop seperti Acer, ASUS, Gigabyte, Gunnir, HP, dan MSI mulai bulan ini. Rilis ini akan dimulai di China dan meluas ke seluruh dunia pada musim panas.

GPU Intel Arc A380 ini mendukung full set fitur DirectX 12 Ultimate, termasuk ray tracing yang diakselerasi oleh hardware. Ini juga menyajikan pengalaman gaming yang fluid pada resolusi 1080p dan kecepatan 60 frames per second (FPS) atau lebih tinggi.

Keunggulan Intel Arc A380

Intel Arc A380

Intel mengklaim kalau GPU baru ini dapat dengan mudah memainkan game-game populer seperti League of Legends (LoL), Moonlight Blade, Naraka: Bladepoint, dan PUBG: Battlegrounds. GPU Intel ini juga didukung engine akselerasi AI dari Intel® Xe Matrix Extensions (Intel® XMX).

Komponen ini memungkinkan kreasi konten dengan lebih cepat dan memberi kekuatan pada teknologi super sampling berbasis AI dari Intel, yaitu XeSS, yang akan tiba pada musim panas ini. Mengingat Xe Media Engine di GPU memungkinkan processing video dengan akselerasi encoding hardware AV1 pertama di industri.

Baca Juga :  Kominfo Latih 3.000 Perempuan Jadi Kartini Masa Kini Lewat Program Wirausaha Digital

Kemampuan ini juga mendukung HEVC dan H.264 untuk encode dan decode, dan mampu memproses media beresolusi 8K. Kemudian Xe Display Engine bisa mendukung hingga empat layar 4K 120Hz HDR, dua layar 8K 60Hz, atau 360Hz untuk resolusi 1080p dan 1440p.

Baca Juga: Intel Arc A-Series, Discrete Graphic Penantang AMD dan NVDIA

Terakhir adalah teknologi Intel Deep Link yang memanfaatkan kekuatan dari Intel CPU dan GPU untuk menghasilkan level performa dan efisiensi yang baru di berbagai beban kerja. Sederet fitur dari tersebut kartu grafis ini diharapkan bisa menjadi opsi baru untuk para gamer mainstream dan konten kreator.

Intel Arc A380 saat ini akan tersedia di pasaran China terlebih dulu melalui system builder dan kemudian tersedia sebagai komponen dari para pabrikan original equipment manufacturer (OEM). Harga Intel Arc A380 1030 Yuan atau sekitar Rp2,2 jutaan.