Inilah Fitur-Fitur Baru iOS 16, Kompatibel Untuk iPhone 8 ke Atas

California, Gizmologi – Tengah malam tadi (7/6), Apple resmi mengadakan gelaran tahunan mereka, WWDC 2022 secara hybrid. Meski ada sejumlah pengembang perangkat lunak dan media yang hadir secara langsung, acara secara keseluruhan tetap dalam bentuk tapping atau lewat siaran digital. iOS 16 jadi yang pertama untuk dipertunjukkan.

iOS 16 menjadi satu dari sekian pengumuman penting saat WWDC 2022, mengambil waktu yang paling pertama sebelum akhirnya perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut turut perkenalkan chipset baru untuk seri laptop barunya, MacBook Air 2022. Sesuai rumor yang beredar sebelumnya, pembaruan software kali ini membawa tampilan baru serta sistem notifikasi lebih ringkas.

Sayangnya, beberapa fitur baru yang bakal hadir di iOS 16 membuat Apple harus “memangkas” dua generasi iPhone lawas. Versi Developer Beta sendiri sudah hadir sejak peluncuran, sementara konsumen yang ingin menjajal dalam versi Public Beta masih harus menunggu setidaknya pada bulan Juli mendatang. Lantas apa saja yang baru?

Baca juga: MacBook Air 2022 Bawa Desain Baru, Pertama dengan Cip Apple M2

Tampilan Lock Screen iOS 16 Jauh Lebih Personal

iOS 16

Bisa dibilang, iOS kalah dalam hal kustomisasi bila dibandingkan dengan Android. Namun lewat iOS 16, Apple akhirnya berikan opsi personalisasi lebih jauh, difokuskan pada halaman paling depan alias lock screen. Kini tampilan tanggal dan jam dapat diubah, dan pengguna bisa menyematkan sejumlah widget penting di bawahnya.

Menariknya lagi, pengguna bakal diberikan opsi untuk memilih wallpaper dengan berbagai macam efek berbeda. Foto portrait bakal punya kedalaman khusus, sementara opsi cuaca atau astronomi berikan efek gerak yang menarik. Dari satu halaman lock screen ke lainnya, bisa digulirkan dengan gestur swipe ke kiri atau kanan. Supaya tidak mengganggu tampilan layar, notifikasi pun diubah tampilannya.

Baca Juga :  Huawei OptiX, Jaringan Kabel Optik untuk Berbagai Industri

iOS 16

Alih-alih penuhi layar, notifikasi pada lock screen iOS 16 bakal muncul dari bawah dan bisa digulirkan secara ringkas. Apple juga berikan notifikasi jenis baru, “Live Activities”, memungkinkan aplikasi pihak ketiga seperti Uber atau Nike+ beri pembaruan informasi penting secara real-time seperti waktu tunggu kendaraan maupun durasi lari tanpa harus masuk ke aplikasi.

Bersama dengan lock screen baru, iOS 16 juga punya fitur Focus yang lebih bisa dikustomisasi. Untuk setiap profil yang dipilih, pengguna bisa atur wallpaper, widget serta menu yang berbeda. Dan dengan Focus filters, konten yang ditampilkan pada aplikasi seperti kalender, email hingga Safari bisa diatur agar tampilkan informasi atau kontak yang relevan.

Hadirkan Metode Pembayaran Pay Later

iOS 16 - Apple Pay Later

Beberapa pembaruan lain yang dibawa lewat iOS 16 tergolong minor. Bagi pengguna iMessage, akhirnya akan mendapatkan opsi untuk edit sampai menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim. Fitur dictation juga ditingkatkan agar lebih responsif menangkap perintah suara, sementara Live Text bakal bisa copy teks dari video, tak hanya foto saja.

Salah satu yang menarik perhatian dalam peluncuran iOS 16 adalah fitur Apple Pay Later, memungkinkan pengguna iPhone untuk memecah tagihan pembayaran menjadi empat kali dengan masa waktu sampai enam minggu, tanpa bunga. Sayangnya, fitur Apple Pay sendiri belum hadir di Indonesia, jadi saat ini hanya bisa gigit jari saja.

Apple CarPlay bakal bisa mendominasi layar yang ada di kendaraan terbaru, namun konsep yang ditampilkan baru dapat diimplementasikan di akhir 2023. Dan bagi pengguna iCloud Shared Photo Library, bakal bisa buat album khusus dengan lima orang lainnya untuk membagikan foto secara mudah.

Versi final dari iOS 16 diperkirakan bakal hadir sebelum atau saat iPhone 14 dirilis nanti. Dan bagi kamu pemilik iPhone lawas seperti iPhone 6s maupun iPhone 7, sayangnya harus melakukan upgrade. Karena iOS 16 minimal akan hadir untuk generasi iPhone 8 atau iPhone X ke atas.

Baca Juga :  Cari Dokter di SehatQ ketika Hadapi 5 Kondisi Ini