Inilah Desain Nothing Phone 1, Smartphone Transparan dengan Light Strip Unik

Jakarta, Gizmologi – Dari banyaknya vendor yang sudah memproduksi smartphone terbaiknya sepanjang tahun 2022, ada sebuah startup yang dinantikan kehadiran perangkatnya. Alasannya? Karena produk pertamanya hadir cukup anti-mainstream. Jelang peluncuran, desain Nothing Phone 1 justru dibocorkan oleh pihak resmi, alih-alih pembocor informasi di internet.

Ya, langkah Nothing, startup asal London yang didirikan oleh Carl Pei sejak 2020 untuk tampilkan desain Nothing Phone 1 sejak awal sejatinya bukan yang pertama. Beberapa waktu lalu, Google juga sudah pamerkan desain dari flagship-nya yang bakal rilis akhir tahun, Google Pixel 7 Series jauh sebelum tanggal rilis. Tujuannya? Tentu saja untuk menimbulkan hype atau perbincangan.

Cara seperti ini juga memungkinkan vendor agar calon konsumen benar-benar bisa mengetahui keunikan atau keunggulan desain secara benar—tak seperti foto render yang terkadang mengecoh. Khusus Nothing, poin pertama (keunikan) terasa lebih melekat. Karena memang terlihat berbeda dari smartphone kebanyakan yang dijual saat ini.

Baca juga: Carl Pei: Nothing Phone (1) Siap Rilis Musim Panas Ini

Desain Nothing Phone 1 Tampil Cerah

desain Nothing Phone 1

Secara bentuk atau form factor, desain Nothing Phone 1 memang tergolong standar yakni candy bar, bukanlah sebuah perangkat yang punya layar lipat atau mekanisme geser maupun lainnya. Namun pada gambar resmi yang diunggah lewat media sosial resminya, terlihat seperti sebuah perangkat yang nampak segar. Memiliki permukaan luar transparan dan komponen berwarna serba cerah.

Terdapat dua sensor kamera pada sisi atas kiri yang ditemani LED flash, modul wireless charging (yang sudah dikonfirmasi sebelumnya) pada bagian tengah, logo Nothing di bawah kiri, serta desain yang menyerupai bentuk gajah di sebelah kanannya. Juga ada elemen garis berwarna putih yang dibawa dari teaser sebelumnya.

Ternyata, garis-garis tersebut memiliki fungsi tersendiri. Tak lama setelah foto resmi dirilis, Nothing juga turut mengadakan sebuah acara luring di Swiss yang pamerkan desain Nothing Phone 1 secara langsung. Baru terlihat bila aksen garis putih pada bodi belakangnya bisa menyala layaknya LED notifikasi, baik pada area sekitar kamera, sisi kanan atas, dan garis di bagian bawah.

Baca Juga :  Cara Menghapus Data Pribadi yang Muncul di Google Search

Fitur seperti ini juga menjadi salah satu fitur utama yang “dijual” oleh vendor lainnya. OPPO, misalnya, memamerkan fitur Dual Orbit Lights pada OPPO Reno7 Z 5G yang bisa menyala dengan cahaya biru muda, baik sebagai penanda notifikasi, saat akses gim, maupun ketika diisi dayanya.

Bakal Pakai Chipset Snapdragon

Nothing OS - 001

Selain desain Nothing Phone 1 yang kini sudah terlihat jelas, bagian lain seperti spesifikasi masih belum banyak yang dapat diketahui. Yang pasti, smartphone pertama dari startup milik Carl Pei tersebut bakal mengusung chipset Qualcomm Snapdragon, serta menjalankan tampilan antarmuka khusus berbasis Android, yakni Nothing OS. Launcher-nya sendiri sudah dirilis di Google Play Store.

Meski jadi smartphone pertama, ini akan menjadi perangkat kedua, setelah sebelumnya sudah menghadirkan Nothing Ear 1 yang sudah tim Gizmologi ulas sebelumnya. Hadir resmi di Indonesia, ini adalah earphone TWS yang juga tampil anti-mainstream. Tidak hanya charging case-nya, masing-masing earbud juga dibuat dengan permukaan transparan.

Tidak sabar menantikan kehadiran Nothing Phone 1? Kita tunggu saja acara peluncuran resminya pada 12 Juli mendatang ya!