tSurvey: Ini Dia Platform eCommerce Lokal Favorit Pedagang Online

Jakarta, Gizmologi – Operator seluler Telkomsel melalui riset tSurvey.id menyebutkan pelaku UMKM kerap berjualan di platform lokal, seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Hal ini diketahui dari Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online secara khusus pada platform ecommerce lokal.

“Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform,” kata Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang, dalam siaran pers, dikutip Jumat (5/8/2022).

Melalui surveinya menemukan platform yang dipercaya UMKM sepanjang tahun 2022 untuk jualan online di antaranya Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%) dan Blibli (14%). Selain itu pengalaman paling memuaskan dalam jaringan pemasaran dipegang oleh Tokopedia (69%).

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia. Beberapa aspek yang diunggulkan dari para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), tampilan UI hingga sistem pembayaran yang lengkap.

Baca Juga: Gandeng Manulife, Tokopedia Luncurkan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Platform eCommerce Lokal

“tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku eCommerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar,” papar Alfian.

Riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Baca Juga :  Fujitsu Image Scanner fi-8000 Series Bawa Teknologi Clear Image Capture, Patuhi TKDN Indonesia

Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60%, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30%, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10%. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% adalah perempuan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News