Infobib Hadirkan ID1, Data Center Lokal Buat Digital Cloud Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Infobip, platform komunikasi cloud global, meluncurkan layanan data center lokal ID1 di Indonesia. Layanan ini mendukung kemampuan inovasi digital cloud bagi perusahaan lokal dan multinasional di Indonesia.

ID1 berlokasi di Jawa Barat, pusat layanan data ini sejalan dengan arah strategis Digital Roadmap Indonesia tahun 2021-2024 yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif, aman, dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.

“Asia Pasifik merupakan salah satu kawasan dengan perkembangan digital tercepat di dunia yang turut mengubah proses organisasi dalam menjalankan bisnis. Atas dasar itu, data center milik Infobip dibangun untuk membantu bisnis khususnya di Indonesia,” ujar VP Revenue APAC of Infobib Ante Pamukovic, Rabu (24/8).

Menurut Ante, Indonesia adalah rumah bagi banyak perusahaan start-up, UMKM, dan bisnis yang telah mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi internet dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Dengan jumlah pengguna internet yang sangat besar, penting bagi para pelaku bisnis untuk memiliki infrastruktur komunikasi yang tepat agar bisa memberikan keterlibatan pelanggan yang konsisten dan kuat.

“Pusat data ini membantu menjalankan operasional dengan efisien, ketersediaan jaringan yang cepat dan andal, serta penyediaan akses cloud technology cerdas yang dirancang untuk mendukung aktivitas interaksi pelanggan melalui platform komunikasi yang komprehensif, fleksibel dan terukur,” paparnya.

Fasilitas ID1 ini merupakan perluasan dari rangkaian data center milik Infobip yang tersebar di seluruh dunia, dibuktikan dengan perubahan tingkat produktivitas aplikasi lebih dari 1.500 kali sehari, dan lebih dari 20.000 pesan klien per detik, dengan kecepatan transfer data lebih dari 4,5 Gbps terhubung dengan data center di seluruh dunia.

Data Center Lokal ID1 Infobib

Infobib ID1 Data Center
Inverview Infobib

Selain itu, data center ini juga akan meningkatkan kemampuan layanan CPaaS dan SaaS milik Infobip, mulai dari layanan suara, email, SMS dan chat hingga produk as a service, seperti Conversations (Contact Center as a Service), Moments (Marketing Automation), Answers (Chatbot), dan Customer Data Platform (CDP).

Baca Juga :  GoTo Mau Garap Bisnis Credit Scoring di Tokoscore

Country Manager of Infobib INdonesia, Rifa Haryadi mengatakan ke depannya, layanan ini akan memberikan manfaat layanan pelanggan yang menyeluruh bagi pelanggan dari berbagai industri, termasuk ritel, banking-financial services and insurance (BFSI), logistik, makanan dan minuman, fintech, telemedicine, serta perusahaan sektor publik di Indonesia.

Baca Juga: Punya Tingkat Keamanan Tinggi, AREA31 Bangun Data Center di Depok

“ID1 menandai pencapaian penting sejak kami memasuki pasar Indonesia di tahun 2016. Kami telah bertumbuh menjadi hub tepercaya untuk semua operasi bisnis kami di masing-masing negara dengan memastikan visibilitas yang luar biasa, konektivitas yang berguna, dan peluang yang luas bagi klien dan mitra kami di berbagai sektor,” jelasnya.

Infobib juga mengatakan perlindungan dan data localization serta keamanan dan privasi adalah prioritas utama Infobip, dalam hal ini Infobip memastikan kepatuhan terhadap peraturan lokal terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Selain itu, fasilitas ini juga telah memenuhi standar internasional, termasuk ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu, ISO 27001 untuk sistem manajemen keamanan informasi, Threat and Vulnerability and Risk Assessment (TVRA), dan Kepatuhan TI TÜV Rheinland untuk PCI DSS1.

“Kami senantiasa mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku. Tak terkecuali jika nanti RUU PDP telah disahkan, maka kami juga akan ikut menyesuaikan,” kata Chief Regional Counsel of Corporate Affairs Infobib, Sharifah Thaherah.