Review Infinix Note 12 VIP: Spesial dengan 120Hz & Fast Charging 120 Watt

Meski belum pernah rilis sebuah flagship yang benar-benar masuk kelas premium dengan harga yang juga premium, Infinix selalu mencoba untuk hadirkan sejumlah fitur terbaik ke smartphone terjangkaunya. Kali ini, lewat Infinix Note 12 VIP, nilai jual utama ada pada teknologi pengisian daya cepat alias fast charging.

Bukan 65W, bukan juga 80W, namun mencapai 120W, bisa dibawa ke harga Rp4 jutaan (bahkan lebih murah lagi saat flash sale). Walaupun jauh lebih murah, Infinix juga tak mengesampingkan faktor lain seperti keamanan dan ketahanan masa pakai baterainya. Dan tentu tak hanya itu saja yang “dijual” oleh Infinix Note 12 VIP.

Layarnya punya refresh rate 120Hz, kamera belakangnya beresolusi 108MP, dan bodinya diklaim pakai material setara pesawat terbang. Apakah spesifikasi gahar di atas kertas tersebut membuat perangkat ini layak beli? Berikut ulasan lengkap dari Infinix Note 12 VIP.

Desain

Infinix Note 12 VIP

Walaupun bukan yang termahal, menurut saya desain Infinix Note 12 VIP terlihat jauh lebih premium dibandingkan saudaranya, Infinix Zero 5G. Karena selain dari desain, penggunaan materialnya pun terlihat dan terasa lebih berkualitas. Hadir dalam dua opsi warna, dan yang saya gunakan adalah versi Force Black.

Alih-alih hitam pekat, bodi belakang Infinix Note 12 VIP bisa tampilkan warna biru yang berubah-ubah sesuai pencahayaan sekitar. Permukaannya menggunakan kaca fiber kelas pesawat terbang, dilengkapi dengan modul kamera besar berbahan glossy dan ring kamera berwarna emas—belum masuk ke taraf berlebihan, alias masih elegan.

Bodi belakangnya cukup mampu untuk menahan bekas sidik jari, meski agak sedikit licin. Profilnya cukup tipis di 7,89mm, dengan bobot 198 gram. Sisi depan, samping dan belakang sama-sama dibuat flat, membuatnya semakin elegan dan tergolong kekinian.

Dalam paket penjualannya, Infinix sertakan soft case dan tambahan tempered glass untuk Infinix Note 12 VIP. Ya, tambahan, karena pada unitnya sendiri sudah terpasang lapisan tahan gores dari pabrikan.

Layar

Infinix Note 12 VIP

Ketika sudah mulai banyak smartphone terjangkau yang hadir dengan layar AMOLED, layar Infinix Note 12 VIP punya spesifikasi yang lebih mendekati flagship. Berukuran 6,7 inci, keempat bezel termasuk sisi bawah dibuat lebih tipis dari para kompetitornya. Membuatnya lebih terlihat mewah dari tampak depan.

Layarnya punya resolusi full HD+, mendukung 1 milyar warna, 100% DCI-P3, dan bisa menyala hingga 700 nits. Sudah cukup untuk penggunaan luar ruangan, walaupun nggak yang terang banget. Tak sampai di situ, refresh rate-nya juga sudah mencapai 120Hz, dipasangkan dengan vibration motor yang presisi.

Infinix Note 12 VIP

Saturasi dan kontras layarnya memang jempolan, cukup akurat serta responsif dalam sentuhan. Sayangnya, sama seperti Infinix Zero X Pro, fitur always-on display tak bisa dibuat terus menyala. Layar harus disentuh atau bodi perangkat digerakkan, supaya menyala dan kemudian otomatis mati dalam waktu 10 detik. Sensor sidik jarinya juga belum in-display.

Baca Juga :  Timnas PUBG Mobile Indonesia Bungkus Medali Emas di SEA Games Vietnam

Beberapa kekurangan di atas memang tidak terlalu penting. Namun bagi kamu yang hobi streaming video dari platform streaming favorit, Infinix Note 12 VIP masih membawa standar Widevine L3. Artinya, hanya bisa streaming dalam resolusi 480p saja, belum sampai HD.

Kamera

Infinix Note 12 VIP

Sudah bagus, namun kurang maksimal. Dengan slogan “108MP Cinemagic Triple Camera”, ekspektasi saya terhadap kamera Infinix Note 12 VIP otomatis jadi cukup tinggi. Namun dari setup kameranya, kemudian perekaman videonya, perlahan jadi menurun.

Sensor utama Infinix Note 12 VIP beresolusi 108MP, mendukung sistem pixel-binning 9-in-1 alias hasilkan foto 12MP dengan detail yang, seharusnya, sangat tinggi. Sensor kedua berjenis ultra wide-angle 13MP yang mendukung autofokus, 2MP depth sensor serta laser autofocus. Kamera depannya sendiri beresolusi 16MP.

Infinix Note 12 VIP

Hasil tangkapan gambar dari sensor utamanya sudah tergolong cukup baik, dengan reproduksi warna yang mendekati natural. Meski terkadang foto terlihat halus seolah ingin menjauhi noise, serta over sharpening. Untuk kamera ultra wide-nya sendiri, adanya autofokus justru jadi pisau bermata dua. Jarak fokus bisa lebih fleksibel, namun kadang foto justru tidak fokus karena kurang instan.

Hasil foto lengkap dari kamera Infinix Note 12 VIP bisa kamu akses pada album berikut ini ya.

TufvIdoj2fHbsuU97C20nXl TP5KudND7WvNapuEnJ Le2vi9DPzHA1l2d8mdlNBa1eIW59K6cZoFEC6W3yCVl13wUGAdUtAQmG 3HO4VBAS6wUXeLuT0drUgdVY ZDW 4s5n4wLjM=w2400
Menggunakan sensor ultra wide-angle
N93hH4S2AQCGdOhcLEBUVzdSMqzKuquIsZ2ZokDlEcOEQP3mUVsS6GeW7XxkFQLKAHQPvNDmv5gHsSQwkRMWJo7W1uwmoqPpkrIxA1ZU
Sensor utama bisa berikan efek bokeh natural
lKKBWw90Iv1 rSqrc ZBEK5pQto iAPXgWyUxJiYEMlicPKNaDt2wRQdxPTvXMr9RYZXIskc p5qD9CzSeHOl jND70nWdgCJbFKVl9tM1fY0M3VTcwxQRr lOJoOBnDbpOZJkFC l8=w2400
Sensor utama, indoor
U7z2X9hShlUQ3VIbDRVaBjBvB5FVDHH Do8Vuvtr cVDMksFTMopgh4q f SET16e1mlqnwzxGxmJ4T Ru0rguaC ZZ69Y0 gWDHuSpuqrr MkYOrN3EWsiljUQHJUB07CTIdXJYAc=w2400
Sensor ultra wide-angle, tanpa mode malam
Zc 93s57xTBxc4vKhC4ut96o5Og jE1y4rpek O L wi4nWVsGQS3KYLw01 7FONqSsOfFW4GvssPDnLHFW41uPlmaHPiw1QS5Q2FfvOmqxb33btLBYQv3j1bkOj76XUGv48 D4Q2jU=w2400
Sensor utama, tanpa mode malam
e9nWlD51KZZhRGCD7N7zuKdYKIqj8pklsB4UU7o0gLlIAzHVkLzDi044ZbDLwa9oe3EuEQQ30aLQ1h9wH6PB0HG2IqiqnooswvhYaCWfwOqnEd8avJDUaO42k 6QeeuB8wTlbgjmHRc=w2400
Sensor utama, dengan mode malam
2W1VKSho4685Kds3W21oDx6R2Vkg6 9eiOYyhuVxGUO8r4PZm7iBPcC0d94pJHYEl766wRCnnJU3zimJeSMnc25wKcCTfuaI kcVKrXPH2Azxgo2R397QqI 9GvYtS7neuvUZAK9Q=w2400
Menggunakan mode portrait
O6dcO8jD14LNNqo2RTUFFzayM5W2LjHuqMxDrGdKTLFEGmorQ3Y 26d 78NAN5GM93my s6gPPyIZocrVhPNFpg7GGFAviCZfDoKotYml MC a8gvvzTAV5 UM3gvXd
Kamera depan bisa berikan detail wajah cukup baik

Saya sudah menduga dari pilihan chipset-nya, perekaman video pada smartphone ini jadi kurang maksimal. Belum ada opsi hingga resolusi 4K untuk kamera utamanya. Maksimal hanya 2K 30fps, itu pun tanpa EIS. Stabilisasi baru bisa aktif saat rekam video pada 1080p 30fps. Opsi 1080p 60fps tak tersedia sama sekali.

Ada cukup banyak mode yang ditawarkan lewat aplikasi kamera bawaan Infinix Note 12 VIP, namun tidak ada fitur yang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk membuat konten video menarik, kecuali video bokeh saja. Mode malam pun hanya bisa digunakan untuk sensor utama saja, tak bisa digunakan pada sensor ultra-wide.

Fitur

Infinix Note 12 VIP

Infinix Note 12 VIP hadir dengan sistem operasi Android 12, menjalankan tampilan antarmuka XOS 10. Masih belum banyak berubah dari seri-seri XOS sebelumnya, alias masih terasa sedikit “kepenuhan” berkat fitur ekstra yang cukup banyak. Seperti menggunakan ColorOS atau MIUI versi awal.

Beberapa aplikasi bawaan XOS bakal berikan notifikasi yang cukup banyak dan mengganggu—untungnya, mudah untuk menonaktifkan notifikasi tersebut. Beberapa bagian perlu penyesuaian, seperti bentuk slider brightness yang berbeda dari OS Android lainnya.

Meski belum mendukung 5G, opsi konektivitas pada Infinix Note 12 VIP cukup lengkap. Mulai dari sensor NFC sampai jack audio 3,5mm pun masih bisa ditemukan. Juga setup speaker stereo yang tentunya jadi nilai plus, semakin pas untuk menemani layarnya yang superior ketika sedang menonton video atau bermain gim.

Baca Juga :  Alodokter Luncurkan Aloproteksi Corporate, Solusi Perlindungan Kesehatan Skala Korporasi

Performa

Skor Antutu Infinix Note 12 VIP

Rasanya Infinix menyetok jumlah unit yang cukup banyak untuk chipset MediaTek Helio G96, sehingga masih dipakai untuk Infinix Note 12 VIP, meski seri Infinix lainnya pun juga sudah banyak yang pakai cip sama. Performanya oke, sih, hanya saja sedikit tertinggal dengan fabrikasi 12nm, berdampak pada konsumsi daya.

Belum mendukung 5G, cip tersebut dipasangkan dengan RAM 8GB yang bisa diekspansi sampai 13GB lewat fitur virtual RAM—diambil dari penyimpanan internalnya yang tergolong luas di 256GB. Bila masih kurang puas, memori Infinix Note 12 VIP masih bisa ditingkatkan lewat kartu microSD dengan slot khusus, alias non-hybrid.

Bagaimana dengan performanya? Sudah cukup baik, meski bukan yang paling kencang di kelasnya. Sesekali aplikasi membutuhkan jeda sekian detik saat multitasking. Yang sedikit mengganggu bagi saya, gestur layar penuh untuk menutup layar dari bawah ke atas sesekali gagal alias agak sulit dibandingkan smartphone lain, jadi perlu beberapa kali swipe sampai berhasil.

Suhu perangkat pun cukup terjaga, membuktikan kalau sistem pendingin berbasis 9 lapis grafit benar-benar bekerja efektif. Salah satu benefit menggunakan chipset yang sudah matang, adalah tergolong optimal untuk main gim, termasuk beberapa judul populer seperti PUBG Mobile dan Apex Legends.

Baterai

Ini adalah bagian yang menjadi salah satu nilai jual utama dari Infinix Note 12 VIP. Membawa teknologi 120W Hyper Charge, membuat smartphone Infinix satu ini yang paling murah dengan teknologi isi daya serupa. Di atasnya, hanya ada POCO F4 GT yang dibanderol Rp8,999 juta. Alias melebihi dua kali harga smartphone ini.

Kapasitas baterai Infinix Note 12 VIP sendiri 4,500 mAh, ekuivalen dari dua baterai terpisah yang diletakkan secara bersebelahan—supaya bisa terisi lebih cepat. Nggak perlu khawatir overcharge dan kerusakan lainnya, karena sudah ada total 103 proteksi khusus, mulai dari perangkat, arus listrik sampai adaptor charger-nya.

Ada 18 sensor suhu untuk memantau proses isi dayanya, dan juga sudah tersertifikasi oleh TUV Rheinland sehingga sudah punya standar tinggi. Pihak Infinix mengklaim hanya butuh waktu 17 menit untuk isi daya Infinix Note 12 VIP dari nol sampai penuh. Ketika saya coba, tak jauh dari klaim, yakni 2-3 menit lebih lama, dengan catatan khusus.

Yaitu harus mengaktifkan mode khusus di menu baterai supaya proses isi dayanya jadi paling kencang. Suhu bodi tentu bakal semakin panas, namun masih dalam taraf wajar kok. Hanya perlu menunggu beberapa belas menit saja sampai akhirnya bisa terisi penuh. Untuk penggunaan sehari-hari, masih tergolong oke.

Baca Juga :  Upaya Transformasi Digital Dukung Indonesia Capai Lima Besar Dunia di Bidang Ekonomi?

Dengan mengaktifkan mode 120Hz, smartphone ini bisa bertahan setidaknya sampai malam hari. Ya, tak sampai keesokan harinya, mengingat kapasitas yang tak terlalu besar, plus chipset yang juga tergolong standar alias bukan yang paling efisien daya.

Kesimpulan

Infinix Note 12 VIP

Menjadi smartphone mid-range Rp4 jutaan yang coba hadirkan keunggulan cukup bombastis, maka wajar bila Infinix Note 12 VIP memiliki kekurangan di sana-sini. Lagi pula, beberapa kekurangan tersebut tergolong minor. Masih bisa “tertutup” dengan banyak nilai positif yang dibawanya.

Sebut saja layar yang memang superior, desain premium, speaker stereo serta hal kecil seperti vibration motor dan material bodi berkualitas. Ditambah lagi dengan 120W Hyper Charge yang benar-benar melampaui kompetitor di kelasnya. Layak jadi faktor penentu dalam membeli bagi konsumen.

Spesifikasi Infinix Note 12 VIP

Infinix Note 12 VIP
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
Infinix Note 12 VIP

Released
10 Juni, 2022

Status
Available

Price
Rp3.799.000 (presale price), Rp4.099.000 (SRP)

Platform


Chipset
Mediatek MT6781 Helio G96 (12 nm)

CPU
Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU
Mali-G57 MC2

RAM (Memory)
8GB

Storage
256GB UFS 2.2

External Storage
Up to 2TB (dedicated slot)

Operating System
Android 12

User Interface
XOS 10

Design


Dimensions
163.5 x 76.7 x 7.9 mm

Weight
198 gram

Design Features
Glass front, glass back, plastic frame
Color: Cayenne Grey, Force Black
Aerospace-grade glass fiber

Battery
Li-Po 4500 mAh, non-removable
Fast charging 120 watt

Display


Screen Type
AMOLED LCD, 120Hz, 1B colours

Size and Resolution
6.7 inches 1080 x 2400 pixels (~393ppi density)

Touch Screen
Capacitive touchscreen

Features
700 nits peak brightness
360Hz touch sampling rate
Thin bezels
100% DCI-P3

Network


Network Frequency
GSM:850/900/1800/1900
3G: WCDMA:850/900/2100
4G: FDD:B1/B3/B5/B7/B8/B20
TDD:B38/B40

SIM
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
108 MP, f/1.8, (wide), 1/1.67 inch, 0.64µm, PDAF, Laser AF; 13MP f/2.2, (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (depth)

Front
16 MP, (wide), 1/2.76 inch, 1.12µm

Flash
Quad-LED flash

Video
Yes [email protected], 1080p 30fps

Camera Features
Dual front LED flash
AI scene detection
Super Night mode

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.0, A2DP, LE

USB
USB C 2.0, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS;

HDMI
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
DTS audio processing and
music party mode

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML5 (Android Browser)

Messaging
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM

Sensors
Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Other
Face and Fingerprint unlock