Fitur Immersive View Bikin Tampilan Google Maps Jadi Lebih Nyata

Jakarta, Gizmologi – Google Maps kini mendapatkan pembaruan fitur yang membuat tampilan peta digital itu jadi tampak lebih nyata. Mode baru yang diberi nama Immersive View ini diperkenalkan di ajang Google I/O 2022.

Mode baru ini mirip seperti Google Street View tapi juga menawarkan pemandangan dari udara, bukan hanya di level jalanan. Nantinya pengguna dapat melihat lokasi dari atas untuk merasakan lingkungan sekitar dan kemudian turun ke permukaan jalan untuk melihat tempat tertentu yang mungkin ingin dikunjungi.

Google memanfaatkan data dari citra satelit dan Street View untuk menciptakan model digital beresolusi tinggi dari berbagai gedung dan fitur di sebuah kota. Sehingga pengguna bisa menjelajahi kota dengan Immersive View, misalnya untuk melihat info lalu lintas, cuaca, hingga tingkat keramaian suatu tempat.

“Kami dapat menggabungkannya. Sehingga kami dapat benar-benar memahami, oke, ini adalah ketinggian bangunan. Bagaimana cara menggabungkannya dengan Street View? Bagaimana kami menggabungkannya dengan pemandangan udara untuk membuat sesuatu yang terasa lebih seperti Anda ada di sana?,” ungkap Wakil Presiden bidang teknik di Google, Liz Reid.

Tampilan Google Maps Jadi Lebih Immersive View

Immersive View

Saat menjelajahi kota menggunakan Immersive View, pengguna seakan sedang memainkan game dengan grafis yang cukup realistis. Mirip seperti saat memainkan game Microsoft Flight Simulator yang menggunakan data Bing untuk membangun model kota yang realistis.

Melansir The Verge, Reid menyebut mode Immersive View sebagai fitur yang menawarkan kecanggihan Google Earth tapi di level jalanan. Ia mengungkap bahwa Google sebenarnya telah mengembangkan mode ini selama bertahun-tahun.

“Ini adalah sesuatu yang pernah kami demokan bertahun-tahun yang lalu, dan kami berpikir, ‘oh, seperti ini,’ tapi itu benar-benar berhasil. Sekarang teknologi telah berkembang pesat untuk membuatnya terasa sangat alami,” jelas Reid.

Baca Juga :  Spesifikasi & Harga Vivo X Fold: dengan Snapdragon 8 Gen 1

Karena datanya disimpan di cloud, Immersive View bisa diakses oleh ponsel dan perangkat apapun. Fitur baru Google Maps ini baru akan tersedia di beberapa kota, termasuk Los Angeles, London, New York, San Fransisco, dan Tokyo.