IOH Kembali Gelar IDCamp 2022, Buka Kelas Programer untuk Metaverse

Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali meluncurkan IDCamp 2022, untuk menghadirkan talenta berkelas dunia. Menariknya, tahun ini IDCamp 2022 membuka kelas baru bagi programer untuk membangun teknologi Metaverse.

Pada penyelenggaraan kali ini, IOH menargetkan lebih banyak penerima beasiswa coding online, yakni 55 ribu peserta. Sebelumnya di tahun 2021, IOH melatih 46.025 peserta beasiswa coding online, dengan menghasilkan lebih dari 110 ribu total penerima beasiswa sejak program berjalan di 2019.

“Ada sesuatu yang menarik tahun ini yaitu adanya kelas React. Ini adalah kelas programmer yang jarang diberikan. Ini untuk membangun metaverse. Jadi kalau yang pengen bangun metaverse ikuti segera kelas ini,” kata SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang, Jumat (27/5).

Lebih lanjut Steve mengajak calon talenta digital berbakat Tanah Air untuk segera mendaftarkan dirinya dan mengikuti kelas baru yang didukung oleh Meta Developer Comnunity, sehingga bisa membangun sesuatu yang lebih futuristik. “Jangan sampai kita ketinggalan. Metaverse sudah di depan mata,” tuturnya.

Berbeda dengan sebelumnya, IDCamp 2022 digelar tanpa batasan usia, dengan menghadirkan lebih banyak kelas coding, dan roadshow yang menargetkan kampus serta acara komunitas developer secara virtual. IDCamp 2022 juga menghadirkan bootcamp untuk peserta difabel (penyandang disabilitas).

Kelas Programer Metaverse di IOH IDCamp 2022

IOH IDCamp 2022

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, Indosat Ooredoo Hutchison berupaya memberdayakan talenta digital masa depan. Melalui program CSR di pilar Pendidikan Digital ini, Vikram, yakin dapat mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di Indonesia.

“Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa,” imbuhnya.

Baca Juga :  iOS 15.5 Hadir Bawa Fitur Baru, Berikut Cara Mengunduhnya

Sekadar informasi, Indonesia diperkirakan membutuhkan 9 juta talenta digital hingga 2035. Itu artinya Indonesia butuh setidaknya 600 ribu talenta digital dalam satu tahun. Program IDCamp 2022 ini berupaya untuk membantu pemerintah mempercepat pelaksanaan target tersebut, guna meningkatkan ekonomi digital Indonesia.

Dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30.000 developer bersertifikat di seluruh program. Sebanyak 1.538 developer difabel, 22,1 persen developer wanita, 28 persen partisipan dari luar Jawa, dan 81 persen partisipan berusia 18-25 tahun.

Daftar IOH IDCamp 2022

IOH IDCamp 2022

Tahun ini, IDCamp 2022, peserta bisa mendapatkan sertifikat global dengan lima tingkat keahlian. Mulai dari basic, beginner, intermediate, expert, dan professional dalam 8 spesialisasi pemrograman, yakni Android Developer, iOS Developer, Web Developer, Machine Learning, Multi-platform Apps, Front-End Developer, Backend Developer, UI/UX Developer, Designer, Data Analytic, dan Data Scientist.

Selanjutnya, pendaftaran beasiswa coding online dibuka mulai 27 Mei 2022 melalui idcamp.ioh.co.id. Setelah mendaftar, peserta bisa langsung memulai pelatihan basic dan beginner hingga Agustus 2022.

Pelatihan tingkat Intermediate akan dimulai pada September-Desember 2022 dan tingkat Expert dan Professional akan dimulai dari November 2022 hingga Februari 2023. Selain pelatihan online, IDCamp 2022 akan menyelenggarakan roadshow virtual di kampus-kampus, virtual meet-up untuk developer 2022, rangkaian developer challenges, dan bootcamp untuk peserta difabel dan pelatihan untuk guru.