Huawei nova 10 & nova 10 Pro Debut dengan Kamera Depan 60MP

Beijing, Gizmologi – Selain Xiaomi, vendor smartphone lainnya asal China juga turut produk terbarunya pada hari yang sama. Yakni Huawei yang baru saja merilis Huawei nova 10 Series, membawa sejumlah peningkatan terutama pada sektor kameranya. Selain itu, mereka juga rilis aksesori tracker perdananya.

Berbeda dengan Huawei P Series yang masuk ke dalam kelas flagship, seri nova hadir untuk berikan pengalaman flagship dalam budget harga lebih terjangkau. Hal tersebut terpancar dari seri Huawei nova 9 yang juga sudah resmi di Indonesia, memiliki kemampuan rekam video 4K dari kamera belakang maupun depan.

Untuk Huawei nova 10 sendiri, desainnya bisa dibilang kurang lebih mirip. Sedikit perbedaan terlihat pada opsi warna, serta peletakan ring pada sensor kamera belakangnya. Di mana kini memiliki aksen warna emas, baik sisi luar dan termasuk teks yang melingkarinya. Lantas apa saja perbedaan dari versi Pro dibandingkan non-Pro?

Baca juga: Huawei FreeBuds Pro 2, Earphone TWS Premium Kolaborasi dengan Devialet

Huawei nova 10 Pro Lebih Besar dengan Dua Kamera Depan

Huawei nova 10

Perbedaan dari Huawei nova 10 & nova 10 Pro pada umumnya hanya ada tiga faktor utama saja, dan dua di antaranya langsung terlihat dari tampilan depannya. Huawei nova 10 memiliki layar 6,67 inci OLED full HD+ dengan dukungan refresh rate 120Hz. Sementara varian Pro dibuat sedikit lebih besar, mencapai 6,78 inci. Keduanya sama-sama punya bezel tipis plus lengkungan tiga dimensi.

Perbedaan kedua ada pada bagian kamera depannya. Dua seri Huawei nova terbaru ini sama-sama mengusung sensor kamera depan 60MP, meningkat hampir dua kali lipat secara resolusi dibandingkan sebelumnya, dan punya sudut pandang ekstra lebar hingga 100 derajat. Membuatnya cocok untuk digunakan saat vlogging.

Baca Juga :  Riset F5: Layanan Perbankan Digital Bantu Inklusivitas, Punya Tantangan Tersendiri
Huawei nova 10

Kalau kamera Huawei nova 10 diletakkan di bagian tengah, nova 10 Pro bergeser ke kiri, dan ditambah satu sensor lagi berupa 8MP portrait lens, untuk foto jarak lebih dekat dengan efek bokeh lebih natural. Sementara setup kamera belakangnya sama seperti tahun lalu, bahkan lebih sederhana; 50MP sensor utama berjenis RYYB, 8MP ultra-wide, dan 2MP depth sensor tanpa makro.

Chipset Masih Sama, Isi Daya Lebih Ngebut

Huawei nova 10

Kalau kapasitas baterai Huawei nova 10 menurun ke 4,000 mAh, konsumen yang inginkan baterai lebih hemat bisa memilih varian Pro dengan kapasitas 4,500 mAh, yang juga mendukung fast charging 100 watt. Keduanya belum bisa diisi daya secara nirkabel, dan hanya bisa membagikannya ke perangkat lain lewat fitur reverse charging.

Chipset yang digunakan pun masih sama, yakni Snapdragon 778G octa-core 6nm yang juga bakal diadopsi oleh smartphone pertama rilisan Nothing. Karena ini adalah smartphone Huawei, dukungan 5G ditiadakan. Dan tentunya menjalankan EMUI tanpa layanan Google. Sehingga harus puas diri untuk mengunduh aplikasi langsung dari AppGallery bawaan HarmonyOS.

Keduanya sama-sama hadir dalam empat opsi warna yakni Black, Silver, Green, dan Violet. Harga Huawei nova 10 dibanderol mulai CNY2,699 (Rp6 jutaan) untuk varian memori 128GB. Sementara versi Pro mulai CNY3,699 (Rp8,2 jutaan). Keduanya bakal mulai dijual di China pada 8 Juli 2022 mendatang.