Huawei MatePad Pro 11 Jadi Tablet Unggulan Terbaru dengan HarmonyOS 3.0

Bangkok, Gizmologi – Selain sejumlah laptop baru yang hadir sebagai perangkat Super Device, Huawei lewat Summer 2022 Smart Office Launch juga memperkenalkan sebuah tablet MatePad terbaru. Jalankan cip flagship dari Snapdragon, Huawei MatePad Pro 11 tampil dengan profil sangat tipis dan ringan.

Perangkat ini diperkenalkan sebagai sebuah alat penunjang kerja, maupun dipasangkan bersama laptop Huawei seperti MateBook X Pro maupun MateBook D 16 yang juga resmi hadir ke Tanah Air. Kabar baiknya, pihak Huawei Indonesia mengonfirmasi kalau tablet terbaru satu ini juga akan hadir resmi. Sayangnya, belum ada informasi terkait harga, maupun spesifikasi persisnya.

Baca juga: Huawei MateBook D 16 Resmi di Indonesia, Punya Kemampuan Produktivitas Maksimal

Sebelum lebih lanjut membahas spesifikasi, desain Huawei MatePad Pro 11 terlihat cukup mewah, membawa Nano-scale Optical Coating pada bodi belakang yang membuatnya bebas dari goresan dan bekas sidik jari. Dengan ketebalan 5,9mm dan bobot 449 gram, tablet Huawei terbaru satu ini diklaim sebagai tablet 11 inci paling tipis dan ringan di dunia saat ini.

Keyboard Huawei MatePad Pro 11 Punya Dua Fungsi

Huawei MatePad Pro 11

Bagian lain yang terbilang cukup menarik dari Huawei MatePad Pro 11 adalah desain kamera pada bodi belakang, dirancang serupa dengan Huawei P50 Pro. Di dalamnya, disematkan dua sensor kamera, masing-masing 13MP f/1.8 dan 8MP f/2.2 untuk sudut pandang lebar. Di depan, ada kamera berjenis punch-hole 16MP.

Ya, layar Huawei MatePad Pro 11 memiliki keempat bezel yang benar-benar tipis, sehingga kamera diletakkan di bagian layar, alih-alih pada salah satu sisi bezel. Dirancang pas untuk pendamping laptop premium Huawei, panel OLED yang digunakan sudah mendukung standar DCI-P3 & sRGB sepenuhnya, dengan kalibrasi deltaE<1 dan bisa tampilkan 1 milyar warna.

Baca Juga :  Kamera iPhone 14 Pro Bergetar? Tenang, Ada Software Update Pekan Depan
Huawei MatePad Pro 11

Resolusinya mencapai 1600p, punya refresh rate 120Hz, serta rasio layar 16:10 yang memudahkan proses multitasking. Salah satu nilai jual lainnya dari Huawei MatePad Pro 11 adalah dukungan Huawei M-Pencil baru, kini tampil dalam warna putih dan memiliki fitur seperti pendeteksian warna dalam gambar, hanya dengan menyentuh warna tersebut dengan tip pensil.

Aksesori unggulan lainnya adalah Smart Magnetic Keyboard, bisa terhubung ke Huawei MatePad Pro 11 lewat pin magnet. Sudut kemiringan layar bisa diubah dari 120 hingga 165 derajat. Tak hanya itu, di sela-sela keyboard, terdapat antena yang terintegrasi untuk tingkatkan kemampuan menangkap sinyal Wi-Fi.

Hadir dalam Dua Opsi Chipset

Huawei MatePad Pro 11

Dalam peluncurannya, Richard Yu selaku CEO dari Huawei menginformasikan kalau chipset Huawei MatePad Pro 11 memiliki fabrikasi 5nm. Namun pada halaman spesifikasi yang ditampilkan global, terdapat informasi kalau tablet ini hadir dalam dua opsi cip berbeda, yakni Snapdragon 870 (7nm) dan Snapdragon 888. Belum ada informasi terkait versi mana yang bakal masuk resmi.

Ada total enam speaker yang disematkan di sekeliling bodi perangkat. Dan untuk kemampuan multitasking lebih lancar, Huawei MatePad Pro 11 sudah menjalankan HarmonyOS 3.0 dari bawaan. Ditemani baterai 8,300 mAh yang mendukung fast charging sampai 66W, daya tahannya diklaim bisa mencapai 11,5 jam memutar video yang tersimpan secara lokal.

Meski belum diumumkan berapa harganya di Indonesia, kita bisa mengacu kepada harga Huawei MatePad Pro 11 di China. Dikutip dari Gizmochina, varian termurah tanpa dukungan sim 4G dengan Snapdragon 870 dibanderol CNY3499 (Rp7,7 jutaan). Sementara untuk opsi Snapdragon 888 harus merogoh kocek sedikit lebih mahal, mulai CNY3799 (Rp8,4 jutaan).