Huawei Gulirkan Update HarmonyOS 3.0 pada 27 Juli

Jakarta, Gizmologi – Huawei mengumumkan bahwa pihak akan segera merilis pembaruan sistem operasi buatan mereka sendiri yakni, HarmonyOS 3.0 pada 27 Juli 2022 mendatang. Ini merupakan update terbesar Huawei sejak peluncuran HarmonyOS 2.0 pada tahun lalu.

Pernyataan terkait OS baru Huawei ini datang bersamaan dengan poster yang beredar di halaman Weibo (platform sosial media di China). Mereka menyebutkan jika OS ini akan menjadi “masa depan” dan “evolusi” dari Huawei.

Disebutkan, Huawei melakukan peningkatan besar-besaran terhadap performa HarmonyOS 3.0. Salah satunya adalah desain interaksi, interkoneksi multi-perangkat, hingga layanan pengguna.

Di waktu yang hampir bersamaan, Huawei juga mengumumkan tentang peluncuran Smart Office terbarunya. Platform Smart Office ini tidak hanya akan diluncurkan secara lokal saja, tetapi juga digulirkan bagi brand secara global.

Untuk saat ini, belum banyak yang bisa diungkapkan tentang HarmonyOS 3.0. Tapi berdasarkan rumor dan bocoran yang beredar, OS baru ini akan memiliki kompabilitas dengan Android 12 dan akan memiliki fitur cross-device sharing.

Tidak ketinggalan, beragam fitur lainnya seperti Super Home Screen dan Large Folders, ditambah dengan opsi cutomize yang lebih baik. Perusahaan dikabarkan akan menghapus bagian yang tidak perlu di HarmonyOS 2.0, dan mempertahankan yang masih diperlukan.

Dengan cara ini, perusahaan tetap dapat meningkatkan transisi OS ke paling terkini, dan menggabngkan database virus untuk mencegah trojan atau malware. Huawei juga akan menambahkan patch keamanan baru untuk memberikan perlindungan privasi yang lebih aman kepada pengguna.

Adapun perangkat Huawei yang akan mendapatkan HarmonyOS 3.0 mulai dari, smartphone foldable mereka yakni Huawei Mate X, Mate Xs, dan Xs 2 serta Mate X2. Kemudian Huawei P50 series serta Huawei Mate 40 series.