Huawei FreeBuds 5i Mendukung Codec LDAC, Baterai Hingga 28 Jam

China, Gizmologi – Di Indonesia, Huawei sendiri baru saja hadirkan opsi earphone TWS termurahnya yang tetap berikan kualitas prima. Namun lain di Indonesia, lain pula di China. Di mana Huawei FreeBuds 5i baru saja diluncurkan dengan sejumlah peningkatan fitur yang sangat menggoda.

Sesuai namanya, Huawei FreeBuds 5i sendiri merupakan versi baru dari FreeBuds 4i, salah satu earphone TWS favorit dari tim Gizmologi. Pasalnya, dengan harga yang sangat terjangkau, fitur seperti ANC dan kualitas audio memukau jadi nilai jual yang sangat menggoda. Ditambah dengan harganya yang sudah jauh lebih murah.

Dikutip dari unggahan di media sosial Weibo (lewat Gizmochina), kehadiran Huawei FreeBuds 5i ditargetkan untuk para konsumen muda. Secara desain, ada yang masih mirip maupun berbeda. Yang mirip ada pada bagian charging case-nya, kini hadir dalam tiga opsi warna berbeda; interstellar black, island blue dan ceramic white. Dengan efek bitnik-bintik warna di seluruh bodinya.

Baca juga: Smartwatch Huawei Watch GT3 Pro Rilis Global Bersama IoT Lainnya

Desain Earbud Baru, ANC Lebih Efektif

Huawei FreeBuds 5i

Jika dilihat pada bagian earbud, stem milik Huawei FreeBuds 5i dibuat lebih pendek dari sebelumnya, berdampak pada tampilan saat digunakan yang tak terlalu mencolok. Kalau Huawei FreeBuds SE dirancang semi in-ear, earphone terjangkau satu ini dibuat supaya bisa beradaptasi dengan struktur kanal telinga penggunanya secara otomatis. Memiliki bobot masing-masing 4,6 gram saja.

Huawei FreeBuds 5i

Bagi Gizmo friends yang mencari earphone TWS ANC terbaik, Huawei FreeBuds 5i nampaknya bakal jadi favorit baru. Pasalnya, tingkat noise yang dapat diredam naik dari 22dB menjadi 42dB—alias sama seperti realme Buds Air 3 yang harganya memang jauh lebih murah. Kualitas panggilan suara juga ditingkatkan.

Baca Juga :  Vivo X Fold: Spesifikasi & Harga Bocor Sebelum Diluncurkan

Memanfaatkan dua mikrofon di tiap earbud, perangkat ini didukung oleh kecerdasan buatan untuk fokus tingkatkan suara pengguna demi panggilan suara berkualitas. Sambungannya sendiri gunakan standar Bluetooth 5.2 multipoint. Mendukung gaming mode, latensi bisa diturunkan hingga 94ms. Dan dengan aplikasi khusus, bisa berpindah antar perangkat tanpa harus memutus sambungan lebih dulu.

Huawei FreeBuds 5i Tersertifikasi Hi-Res Audio

Huawei FreeBuds 5i

Peningkatan utama lainnya ada pada kualitas suara dan baterai. Sama-sama gunakan driver dinamis 10mm, Huawei FreeBuds 5i kini mendukung codec LDAC dan sudah tersertifikasi Hi-Res Audio. Artinya, pengguna bisa dengarkan musik dalam bitrate lebih tinggi—menjadi salah satu nilai jual earphone TWS premium rilisan Sony.

Lalu pada baterai, tiap earbud punya kapasitas baterai 55 mAh alias sama seperti pendahulunya. Namun pada charging case ditingkatkan menjadi 410 mAh. Berkat efisiensi lebih baik, baterai Huawei FreeBuds 5i bisa digunakan hingga 7,5 jam nonstop (6 jam dengan ANC), atau total waktu 28 jam (18,5 jam dengan ANC). 15 menit pengisian sudah bisa digunakan sampai 4 jam berkat dukungan fast charging.

Di China, pre-order earphone Huawei terbaru ini sudah dimulai. Harga Huawei FreeBuds 5i dibanderol CNY599, atau kisaran Rp1,3 jutaan. Sementara FreeBuds 4i di China turun harga menjadi Rp1 jutaan, lebih mahal dari Indonesia yang sudah mencapai Rp699 ribu saja.