Menjajal Headphone Sony WH-1000XM5 dan Linkbuds S yang Memanjakan Telinga

Jakarta, Gizmologi – Sony Indonesia meluncurkan dua produk audio nirkabel terbarunya, yakni headphone Sony WH-1000XM5 dan LinkBuds S. Kedua model ini menghadirkan pengalaman audio yang diklaim imersif, serta mendefinisikan ulang standar yang ditetapkan pada produk audio sebelumnya dari Sony.

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia, mengatakan bahwa WH-1000XM5 mengimplementasikan teknologi terbaru dari fitur noise cancelling serta Auto NC Optimiser. Lewat fitur ini diklaim Sony dapat memberikan kualitas pendengaran yang lebih baik.

“Kedua produk ini juga didesain menggunakan plastik daur ulang dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan untuk mewujudkan filosofi ‘Dibuat untuk Dibuat Ulang’ yang lebih bertanggung jawab secara sosial,” katanya saat peluncuran di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (24/5).

Headphone Sony WH-1000XM5

 

Headphone Sony WH-1000xM5

Sony WH-1000XM5 mengadopsi desain yang lebih ramping dan minimalis, dari generasi sebelumnya. Ditenagai prosesor generasi terbaru yaitu Prosesor QN1, perangkat ini menawarkan peningkatan signifikan pada fitur noise cancellation-nya, terutama di frekuensi mid hingga high.

Processor QN1 disandingkan dengan driver 30mm, diklaim Sony dapat secara khusus menghadirkan kualitas suara yang lebih alami secara konsisten. Termasuk dapat meredam lebih banyak frekuensi kebisingan dilingkungan pengguna sehari-hari.

Untuk kontrol, tidak berubah banyak dibandingkan model sebelumnya dengan masih memiliki kontrol gestur dan tombol fisik untuk mengganti mode ANC dan mode ambient lainnya. Sony WH-1000XM5 hadir dengan masa pakai baterai 30 jam, bahkan memungkinkan pengisian daya 3 jam hanya dalam 3 menit menggunakan USB Power Delivery (PD).

Fitur yang tak kalah penting yaitu Sony LDAC, untuk kualitas audio Hi-Fi dengan bit-rate audio yang sangat tinggi, memastikan suara yang dihasilkan jernih dan imersif. Pihak Sony menyebutkan kalau dukungan LDAC sudah tersedia di beberapa perangkat gadget kelas menengah hingga flagship.

Baca Juga :  Noice Hadirkan Kelas Podcast Buat Kreator Lokal

Headphone baru Sony ini juga merupakan 360 Reality Audio Certified, termasuk juga fitur DSRR Extreme Upscaling, guna meng-upscale kualtitas audio yang ditransmisikan menggunakan codec yang lebih standar seperti AAC atau SBC. Fitur lainnya yang juga tersedia yaitu 360 Reality Audio, Speak to Chat, serta kompatibilitas ke asisten suara seperti Google Assistant maupun Alexa.

Sony WH-1000xM5

Bicara desain headphone ini tampil menawan dengan menggunakan tekstur kulit lembut yang baru dikembangkan Sony yakni stepless slider. Alhasil baik saat digenggam maupun dipakai di telinga, headphone ini sangat nyaman.

Fitur noise cancelling yang menjadi andalannya pun bisa meredam suara sekitar dengan sangat baik. Terlebih ukuran pads-nya yang mengadopsi full cover jadi terasa pas di telinga dan menutup dengan nyaman.

Sony LinkBuds S

 

Headphone Sony

Produk lain yang dihadirkan Sony adalah LinkBuds S. Sebuah perangkat TWS yang diklaim memiliki teknologi Hi-Res dengan ukuran terkecil dan teringan di dunia. Bayangkan saja, beratnya tidak lebih dari 4,8 gram.

Model terbaru TWS ini memberikan pengalaman suara baru melalui teknologi sensing Sony dan kolaborasi bersama mitra, sekaligus mempertahankan pengalaman pemakaian “Never Off”. Menggunakan headphone untuk berbagai keperluan; seperti mendengarkan musik, menelepon, berolahraga, bermain game, dan lain sebagainya.

Fitur unggulannya yaitu mode ambient yang memungkinkan penggunanya tetap mendengarkan suara di sekitarnya. Terdapat juga fitur ANC untuk memblokir kebisingan yang ada di sekitar. TWS ini juga mengintegrasikan Adaptive Sound Control, fitur pintar yang menyesuaikan pengaturan suara sekitar berdasarkan lokasi pengguna, sehingga dapat menciptakan pengalaman mendengarkan yang ideal.

Earbuds ini bisa bertahan untuk dipakai hingga 6 jam pemakaian ketika ANC diaktifkan, dan bisa bertahan hingga 20 jam ketika menggunakan charging casenya. TWS ini memiliki rating IPX4 untuk daya tahan terhadap percikan air. Sama seperti Sony WH-1000XM5, perangkat ini juga sudah didukung dengan fitur codec Audio Bluetooth unggulan dari Sony yaitu LDAC.

Baca Juga :  Fleksibel dan Kuat, HUAWEI MatePad Siap Menghadirkan Pengalaman Komputasi Seperti Laptop?

Sony LinkBuds S

Menariknya, Sony berkolaborasi dengan Niantic untuk menghadirkan suara audio AR. Sehingga pengguna dapat meningkmati pengalama audio visual yang lebih imersif. TWS ini juga kompatibel dengan Google Assistant dan Alexa yang dapat membantu tugas sehari-hari.

Perangkat ini mempunyai daya satu hari kerja penuh tanpa adanya halangan dalam pengalaman mendengarkan – 6 jam dengan menyalakan noise cancelling dari headphone dan menyimpan 14 jam lagi di tempat pengisi daya. Jika pengguna sedang terburu-buru, pengisian daya cepat selama 5 menit saja dapat memberikan waktu pendengaran hingga 60 menit.

Untuk harganya headphone Sony WH-1000XM5 akan segera tersedia di Indonesia pada awal bulan Juni 2022 dengan harga Rp5.999.000. Sementara untuk LinkBuds S akan dibanderol dengan harga Rp3.199.000.