Harga Xiaomi 12 Lite, Jagoan Selfie Terbaru dengan Kamera Depan 32MP

Jakarta, Gizmologi – Lewat sebuah peluncuran yang diadakan secara hybrid pada Selasa (19/7) siang, Xiaomi Indonesia akhirnya hadirkan sebuah smartphone baru yang sudah dibocorkan secara resmi beberapa waktu lalu. Jadi yang paling stylish, harga Xiaomi 12 Lite bisa dibilang cukup terjangkau.

Ya, akhirnya Xiaomi 12 Lite diluncurkan secara penuh, bersama dengan sejumlah perangkat IoT terbaru Xiaomi lainnya seperti smart band dan air purifier. Sebelumnya, telah hadir Xiaomi 12 & 12 Pro, membawa setup kamera terbaik dan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Dengan nama “Lite”, wajar bila harga Xiaomi 12 Lite lebih terjangkau, dengan spesifikasi lebih sederhana.

Baca juga: Xiaomi Hadirkan Mi Band 7 Pro dengan Layar Lebih Besar, Harga Mulai Rp800 Ribuan

Namun jangan salah, secara tampilan justru lebih tipis dan ringan, serta pakai chipset yang juga tidak kalah kencang. Dirancang untuk mereka yang ingin lebih ekspresif, perangkat ini hadir dalam tiga opsi warna; Black, Lite Green, & Lite Pink. Permukaan matte dan warna gradasi bisa sedikit berubah dari pencahayaan tertentu.

Ya, Xiaomi gunakan teknik pewarnaan gradien dan efek satin supaya bodi belakang Xiaomi 12 Lite lebih terlihat estetik. Tak hanya itu, juga nyaman digenggam dan mudah dibawa-bawa, dengan bobot 173 gram dan ketebalan 7,29mm saja.

Kamera Depan & Belakang Mendukung Eye Autofocus

Xiaomi 12 Lite

Apa keunggulan lain yang dibawa lewat Xiaomi 12 Lite selain dari segi desain? Ada pada teknologi kamera depannya. Tak hanya besar secara angka resolusi, kamera 32MP di smartphone Xiaomi terbaru ini gunakan dimensi sensor besar 1/2.8”, serta mendukung fitur seperti eye autofocus. Dengan begitu, jarak fokus bisa benar-benar presisi—bahkan diberikan opsi Selfie Zoom untuk menangkap detail wajah lebih jelas dan dekat.

Baca Juga :  Overlords Resmi Hadir di Smartphone

Fitur HDR pada kamera depan Xiaomi 12 Lite juga bisa diaktifkan dalam mode portrait, untuk hasil foto yang maksimal dalam kondisi pencahayaan menantang. Dalam kondisi cahaya gelap, Selfie Glow bisa diaktifkan untuk menyalakan dua lampu LED di bagian atas smartphone. Beri pencahayaan yang pas untuk wajah, tidak terlalu menyilaukan.

Xiaomi 12 Lite

Tak mau kalah dengan kamera depan, kamera Xiaomi 12 Lite di sisi belakang didukung dengan sensor utama 108MP yang bisa rekam video hingga 4K 30fps. Sementara kedua sensor lainnya masing-masing 8MP ultra wide-angle, dan 2MP makro—sedikit turun dari 5MP pada seri Mi 11 Lite sebelumnya.

Kamera belakang dilengkapi dengan fitur seperti eye tracking focus, 19 mode vlog yang bisa dipilih, hingga Magic cutout yang bisa menghapus obyek pada foto secara otomatis, memanfaatkan kemampuan AI terbaru.

Harga Xiaomi 12 Lite Indonesia Tak Sampai Rp6 Juta

Xiaomi 12 Lite

Walaupun harga Xiaomi 12 Lite jauh lebih terjangkau dari dua seri lainnya, chipset yang digunakan tidak kalah bertenaga. Yakni Snapdragon 778G 5G yang jauh lebih kencang dari generasi sebelumnya, ditambah dengan kapasitas RAM 8GB plus penyimpanan internal ekstra luas di 256GB. Sudah menjalankan MIUI 13 berbasis Android 12 terbaru, termasuk sensor ekstra seperti IR blaster.

Layar Xiaomi 12 Lite berukuran 6,55 inci dengan resolusi full HD+ dan panel AMOLED, bisa tampilkan hingga 68 milyar warna plus mendukung fitur AdaptiveSync refresh rate maksimum 120Hz. Selain cerah dan akurat, juga sudah terlindung oleh Gorilla Glass 5, plus 1920Hz PWM dimming agar tetap nyaman di mata.

Punya dimensi tipis, tak membatasi Xiaomi 12 Lite untuk membawa setup speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos. Kapasitas baterainya pun masih cukup besar di 4,300 mAh, mendukung 67W turbo charging dengan adaptor 67W yang masih terdapat dalam paket penjualannya. Artinya, kecepatan pengisian daya bakal sama instannya dengan Xiaomi 12 versi standar.

Baca Juga :  Board Game Cyberpunk 2077 Berhasil Lampaui Target Pendanaan di Kickstarter, Kapan Rilis?

Terbilang cukup terjangkau, harga Xiaomi 12 Lite resmi di Indonesia dibanderol Rp5,799 juta. Bila dibandingkan dengan harga versi globalnya, jauh lebih murah, mengingat harga serupa baru mendapatkan varian yang paling sederhana. Sementara konsumen Tanah Air bisa mendapat memori 8+256GB. Penjualan perdananya dimulai 20 Juli 2022.