Sony WH-1000XM5 Hadir dengan Desain Baru & Mikrofon Berbasis AI

Jakarta, Gizmologi – Setelah bocoran fotonya muncul beberapa pekan terakhir, tidak membutuhkan waktu lama bagi Sony untuk akhirnya resmikan headphone nirkabel yang masuk ke kelas flagship. Tampil dalam desain baru, Sony WH-1000XM5 jadi penyempurnaan yang bisa dibilang menyeluruh, meskipun tidak jauh meningkat dari sebelumnya.

Generasi sebelumnya, WH-1000XM4, bisa dibilang punya kualitas active noise cancelling terbaik untuk sebuah headphone nirkabel. Lewat Sony WH-1000XM5, jumlah mikrofon di dalamnya ditambah, plus dibenamkan kemampuan kecerdasan buatan. Desain barunya juga perlu dipertimbangkan—meski bagus tidaknya relatif, bagian satu ini membawa keuntungan dan kekurangan tersendiri.

Hadir dalam dua opsi, bagian headband dibuat lebih ramping daripada sebelumnya, dan bisa dipanjangkan secara mulus. Bagian earcup terlihat lebih sleek, namun kali ini tidak bisa dilipat—hanya bisa diputar ke depan saja. Sehingga tidak sepraktis yang sebelumnya ketika ingin dikalungkan di leher. Ukuran case-nya pun jadi lebih besar, walaupun juga lebih ramping.

Punya Konektivitas Lebih Prima

Sony WH-1000XM5

Seperti smartphone-nya yang dirancang lebih hijau, Sony WH-1000XM5 juga menggunakan material plastik daur ulang dari bagian produk otomotif serta tanpa plastik pada boksnya. Desain baru juga dipasangkan dengan material kulit pada earcup yang lebih nyaman, menggunakan material sintetis.

Apa yang meningkat dari fitur ANC-nya? Memanfaatkan dua prosesor khusus, headphone premium satu ini dilengkapi dengan 8 mikrofon, plus NC Optimiser yang bekerja otomatis mendeteksi suara di sekeliling pengguna. Fitur Speak-to-Chat berfungsi otomatis ketika pengguna ingin berbicara—saat suara terdeteksi, musik otomatis terhenti dan mode ambient sound menyala.

Sony WH-1000XM5

Untuk pengendalian, pengguna bisa gunakan gestur tap dan swipe dalam mengontrol musik dan volume. Sementara untuk akses ANC dan ambient mode, bisa menggunakan tombol khusus. Fitur Quick Access pada Sony WH-1000XM5 juga bisa dimanfaatkan untuk akses Spotify, dengan 2-3 kali sentuh. Dengan begitu, pengguna tak harus akses aplikasi dari smartphone.

Baca Juga :  Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Naik Jadi 220 Juta Orang

Membawa dukungan Bluetooth 5.2, pengguna Sony WH-1000XM5 bisa sambungkan ke lebih dari satu perangkat sekalipun. Baterainya diklaim bisa bertahan hingga 30 jam dengan ANC (atau 40 jam tanpa ANC). Dan sudah mendukung USB Power Delivery—3 menit untuk mendengarkan musik selama 3 jam.

Kualitas Mikrofon Sony WH-1000XM5 Ditingkatkan

Sony WH-1000XM5

Agar lebih nyaman digunakan saat bertelepon, Sony WH-1000XM5 menggunakan prosesor QN1 dari generasi sebelumnya dan V1 dari WF-1000XM4. Teknologi Voice Pickup menggunakan empat mikrofon dan kombinasi AI untuk isolasi suara dan minimalisir suara angin, sehingga lawan bicara lebih jelas mendengar suara pengguna.

Dimensi driver-nya sendiri mengecil dari 40mm menjadi 30mm, namun diklaim bisa berikan kualitas audio lebih baik. Terutama pada frekuensi mid dan high, mengingat yang sebelumnya banyak diklaim cenderung kuat pada bagian bass. Efek 360 Reality Audio juga hadir ke Sony WH-1000XM5, untuk efek suara surround yang lebih luas.

Harga Sony WH-1000XM5 dibanderol USD399,99, lebih mahal dari generasi sebelumnya yang bakal terus dijual sebagai alternatif atau pilihan bagi konsumen. Pre-ordernya sendiri dimulai pada 20 Mei. Belum ada informasi terkait ketersediaannya di Tanah Air.