realme Pad X Meluncur dengan Snapdragon 695, Harga Rp2 Jutaan

China, Gizmologi – Walaupun di Indonesia baru saja merilis sejumlah perangkat baru yang tergolong lengkap, realme di negara asalnya masih bisa menghadirkan produk terbaru lainnya. Yakni sebuah smartphone edisi spesial dan tablet yang lebih bertenaga—memiliki nama realme Pad X. Seperti apa spesifikasinya?

Rumor terkait kehadiran realme Pad X sendiri sudah dibocorkan sejak pekan lalu, bahkan dari pihak resminya sendiri. Hal tersebut nampaknya kian lumrah dilakukan untuk membangun hype, agar konsumen lebih menantikan kehadirannya secara resmi. Selain realme Pad X, vendor smartphone & AIoT asal Shenzhen satu ini juga telah merilis realme GT Neo3 edisi Naruto yang punya warna dan kelengkapan khusus.

Secara desain, realme Pad X dibuat sedikit berbeda dibandingkan dua penawaran tablet sebelumnya. Sama-sama memiliki desain flat pada bodi belakang dan samping, modul kamera dibuat sedikit lebih besar membawa logo AI. Ketebalannya sendiri mencapai 7,1mm, sementara bobotnya masih bisa dibuat kurang dari 500 gram.

Punya Kamera Depan Ultra-Wide

realme Pad X

Pada bagian depan, realme Pad X tentunya didominasi oleh sebuah layar yang cukup oke secara spesifikasi. Berdimensi 11 inci, resolusinya mencapai full HD+ dengan panel IPS dan refresh rate 60Hz. Touch sampling rate-nya sendiri sudah mencapai 240Hz, dan layar tersebut mendukung input stylus dengan 4,096 tingkat tekanan yang berikan akurasi tinggi saat menggambar.

Selain stylus, realme juga menyediakan aksesori tambahan berupa keyboard cover dengan travel key 1,3mm, cocok bila konsumen ingin menggunakan realme Pad X sebagai perangkat tablet yang menunjang produktivitas. Sementara untuk fungsi multimedia, disematkan empat speaker pada dua sisi atas dan bawah. Diperkuat oleh efek Dolby Atmos serta mendukung Hi-Res Audio.

Untuk kameranya sendiri, masing-masing sisi memiliki satu kamera saja. Pada bodi belakang, disiapkan sensor utama 13MP dengan autofokus. Sementara di sisi depan, ada sensor 8MP dengan sudut pandang ekstra lebar 105 derajat, yang kini juga sudah umum untuk sebuah perangkat tablet. Peletakannya pun sudah pas, yakni berada di bezel atas saat realme Pad X diletakkan dalam posisi landscape.

Baca Juga :  Apple Bakal Hadirkan iPhone 14 Plus, Apa Bedanya dengan Pro Max?

Harga realme Pad X Tergolong Murah

realme Pad X

Karena kelasnya dibuat lebih tinggi dari dua tablet realme yang sudah hadir sebelumnya, performa realme Pad X kini lebih gahar. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 695—secara teknis mendukung 5G, namun saat ini baru hadir dalam versi Wi-Fi only saja. Didukung dengan opsi RAM sampai 6GB, plus penyimpanan internal 128GB.

Slot kartu microSD masih disediakan untuk keleluasaan menyimpan file secara offline. Sementara untuk baterainya sendiri juga sudah tergolong besar di 8,340 mAh. Sudah mendukung fast charging 33W lewat port USB-C, dan adaptornya tersedia dalam kotak penjualan. Diklaim bisa memutar video hingga 19 jam atau panggilan video selama 11 jam.

Di China, harga realme Pad dibanderol CNY1,299 untuk varian 4+64GB, atau kisaran Rp2,8 jutaan saja. Sementara untuk aksesori tambahan seperti stylus yang bisa diisi daya secara magnetik dan smart keyboard, masing-masing dijual di kisaran Rp1 jutaan dan Rp860 ribuan.