HTC A101, Tablet Harga Rp4 Jutaan dengan Chipset Unisoc

Rusia, Gizmologi – Walaupun cenderung tak terdengar gaungnya dalam ranah smartphone, HTC masih belum menyerah dan sudah rilis sejumlah produk baru tahun ini. Beberapa waktu lalu, HTC Desire 22 Pro hadir dengan kompabilitas perangkat Metaverse, dan kali ini HTC A101 hadir sebagai tablet cukup terjangkau.

Ya, meski tak banyak seri smartphone yang digulirkan, HTC memutuskan untuk rilis tablet yang memang punya demand tinggi saat ini. Meski situasi pandemi sudah mulai terkendali, masih banyak masyarakat yang membutuhkan gadget layar besar portabel untuk beragam kebutuhan. Baik bekerja, sekolah daring, atau sekadar perangkat hiburan keluarga.

Tablet terbaru HTC A101 ini hadir untuk regional Afrika dan Rusia. Dilihat dari desainnya, sama sekali tak mencerminkan smartphone HTC terdahulu. Desainnya dibuat mengotak, mulai dari sudut perangkat sampai modul kameranya. Bobotnya mencapai 530 gram dengan ketebalan 8,4mm, serta memiliki pogo pin di bagian bawah untuk sambungan aksesori tambahan—meski HTC belum tunjukkan jenis aksesori seperti keyboard.

Baca juga: Hands-on ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300): Laptop-Tablet Harga Rp9 Jutaan

Punya Dua Kamera Belakang, Mendukung Face Unlock

HTC A101

Menjadi sebuah tablet, layar HTC A101 punya dimensi yang tergolong standar yakni 10,1 inci. Keempat bezel-nya dibuat cukup tipis, sementara panelnya beresolusi full HD+ dengan jenis panel Incell. Artinya, tidak ada gap antara kaca 2.5D di bagian luar serta panel layar sentuhnya, untuk pengalaman yang lebih imersif.

Selain layar besar, HTC A101 didukung dengan dua speaker stereo yang berada di bagian bawah bodi. Tablet ini belum dilengkapi dengan sensor sidik jari, dan sama seperti tablet lain sekelasnya, opsi penguncian layar bisa memanfaatkan fitur AI Face Unlock lewat sensor kamera depan 5MP f/2.2 fixed focus.

Baca Juga :  Google dkk Akhirnya Terdaftar PSE Kominfo

Kamera depan tersebut hanya bisa rekam video dalam resolusi 720p. Sementara di belakang, ada dua sensor kamera dengan spesifikasi masing-masing 16MP f/2.2 dan 2MP f/2.2 untuk keperluan efek portrait. HTC berikan kemampuan rekam video 1080p, serta fitur Video Pic yang memungkinkan ambil foto saat perekaman video berlangsung.

Baterai HTC A101 Cukup Besar, Tanpa Fast Charging

HTC A101

Untuk urusan dapur pacu, HTC A101 gunakan chipset rilisan Unisoc. Meski begitu, seri yang digunakan tergolong cukup powerful, yakni Unisoc Tiger T618 octa-core 12nm. Kapasitas RAM-nya juga cukup luas mencapai 8GB, sementara penyimpanan internalnya berukuran 128GB—masih bisa di-ekspansi lewat kartu microSD sampai 256GB.

Selain slot kartu microSD, tablet Android satu ini juga masih didukung dengan jack audio 3,5mm. Yang disayangkan, HTC A101 masih menjalankan sistem operasi Android 11, alih-alih Android 12 yang sudah banyak dipakai gadget rilisan tahun ini. Setidaknya, kapasitas baterai cukup besar mencapai 7,000 mAh. Namun lagi-lagi, harus kecewa dengan kecepatan pengisian daya yang hanya 10W saja.

Untuk spesifikasi yang tergolong sederhana ini, Harga HTC A101 dibanderol 19,890 RUB di Rusia, atau sekitar Rp4,8 jutaan. Tersedia dalam opsi warna silver dan abu-abu, belum ada informasi terkait ketersediaannya di luar dua negara tersebut.