ASUS ROG Phone 6D Ganti Chipset Terbaik Qualcomm dengan Rilisan MediaTek

Jakarta, Gizmologi – Setelah meresmikan varian smartphone gaming terbaiknya di Tanah Air, pada waktu yang berdekatan, ASUS juga meluncurkan smartphone baru secara global. Masih sama-sama untuk gaming, ROG Phone 6D hadir sebagai opsi alternatif dengan chipset terbaik dari MediaTek, tak pakai cip Qualcomm.

Ya, pendekatan yang cukup menarik dan pertama kali dilakukan oleh ASUS. Untuk seri laptop sendiri, memang sudah biasa bagi vendor satu ini dengan menghadirkan seri yang sama dalam dua pilihan prosesor berbeda, yakni Intel dan AMD. Sementara untuk smartphone, Xiaomi juga telah melakukan hal yang sama lewat Xiaomi 12 Series.

Kurang lebih, spesifikasi ROG Phone 6D masih sama seperti versi yang hadir di Indonesia. Karena dirilis belakangan, ada sejumlah spesifikasi yang lebih baik, namun ada juga bagian yang dibuat lebih sederhana. Desainnya sendiri mirip, hanya saja tampil dengan warna abu-abu. Hadir dalam dua opsi, yakni ROG Phone 6D & 6D Ultimate.

Baca juga: Perjalanan 25 Tahun Laptop ASUS ke Luar Angkasa, Rilis Edisi Standar Antariksa

Bodi Belakang ROG Phone 6D Punya Katup Khusus

ASUS ROG Phone 6D

Ya, tidak menggunakan cip Snapdragon 8 Gen 1, ASUS ROG Phone 6D Series ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9000+, yang dirilis sejak Juni lalu. Dibandingkan dengan versi non +, ada peningkatan minor pada performa CPU & GPU, serta dukungan layar dengan refresh rate lebih tinggi. Punya arsitektur CPU octa-core dengan prime-core hingga 3,05GHz.

ASUS ROG Phone 6D

MediaTek Dimensity 9000+ juga sudah gunakan fabrikasi 4nm. Namun untuk teknologi pendingin, dihadirkan AeroActive Portal khusus ke ROG Phone 6D Ultimate. Ini adalah sebuah katup yang bisa terbuka ketika aksesori pendingin AeroActive Cooler 6 dipasangkan. Fungsinya? Supaya komponen di dalam bisa lebih cepat dingin, lebih efektif untuk meredam panas.

Baca Juga :  Ungkap Kemampuan Sensor ISOCELL 200 MP, Samsung Pamer Foto Kucing Raksasa

Perbedaan lain ada pada jenis RAM yang digunakan, di mana ROG Phone 6D Series sudah pakai jenis LPDDR5x (vs LPDDR5 biasa). Namun opsi paling tinggi ‘hanya’ 12GB pada ROG Phone 6D, dan 16GB untuk 6D Ultimate, alias tak sampai 18GB. Juga sudah pakai standar Bluetooth 5.3 (vs 5.2).

Sama-sama Punya Layar 165Hz

ASUS ROG Phone 6D

Spesifikasi ROG Phone 6D lainnya masih sama. Di depan, terdapat layar besar 6,78 inci AMOLED 1080p dengan refresh rate maksimum 165Hz dan perlindungan Gorilla Glass Victus. Begitu pula setup kameranya, di mana sensor utama kamera ROG Phone 6D sudah setara dengan flagship mainstream. Gunakan sensor Sony IMX766 50MP, dipasangkan dengan 13MP ultra-wide dan 5MP macro.

Sertifikasi IPX4, jack audio 3,5mm dan dua port USB-C juga tetap hadir. Plus speaker ganda, tiga mikrofon, dan ROG Vision alias layar tambahan pada bodi belakang yang bisa dikustomisasi. Menjalankan Android 12, dijanjikan setidaknya dua kali peningkatan versi OS, plus dua tahun pembaruan keamanan rutin.

Smartphone gaming ASUS satu ini juga tetap dibekali baterai 6,000 mAh yang mendukung fast charging 65W. Diluncurkan di Inggris, harga ROG Phone 6D dibanderol mulai Rp13 jutaan. Belum ada informasi apakah varian MediaTek ini bakal ikutan hadir di Indonesia atau tidak.