Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Watch 5 Series, Gunakan Permukaan Kaca Safir

Jakarta, Gizmologi – Samsung bisa dibilang jadi salah satu vendor yang bisa hadirkan smartwatch terbaik saat ini—dengan catatan, dalam ekosistem smartwatch yang jalankan Wear OS, ya. Lewat harga Samsung Galaxy Watch 5 Series yang cukup premium, ada sejumlah peningkatan luar dalam yang dihadirkan.

Kali ini, secara garis besar masih hadir dalam dua varian berbeda. Namun tak seperti dulu yang hadir dalam opsi klasik dengan rotating bezel, kali ini penawaran yang lebih mahal justru dibuat untuk mereka yang lebih aktif, baik berkegiatan di luar maupun olahraga, lewat Galaxy Watch 5 Pro terbaru.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Watch 4 Classic: Percobaan Pertama dengan Google

Sama seperti duo smartphone layar lipatnya, harga Samsung Galaxy Watch 5 Series pun sudah bisa diketahui saat ini juga. Pasalnya, pre-order gadget Samsung terbaru yang diluncurkan lewat Galaxy Unpacked 2022 kemarin (10/8) sudah dibuka secara global, termasuk konsumen di Tanah Air. Namun sebelum itu, ada baiknya mengetahui keunggulan sekaligus perbedaan dari seri sebelumnya.

Masih Gunakan Chipset yang Sama

Harga Samsung Galaxy Watch 5 Series

Secara desain, Galaxy Watch 5 versi standar terlihat sangat identik. Bahkan dalam ukuran yang sama-sama tersedia pada diameter 40mm & 44mm. Yang berbeda dan dapat diacungi jempol adalah penggunaan kaca berbahan safir, membuatnya 60% lebih tahan gores dibandingkan solusi pada generasi sebelumnya yang membawa Gorilla Glass DX.

Masing-masing didukung dengan layar OLED beresolusi tinggi, dengan dimensi 1,2 inci & 1,4 inci. Selain terlindung dari kaca safir, bodinya terbuat dari material yang sama seperti pada bezel Galaxy Z Fold 4 & Z Flip 4, yakni Armor Aluminum. Di baliknya, lekukan untuk sensor BioActive disempurnakan agar fitur seperti pembacaan denyut jantung, saturasi oksigen dan lainnya lebih akurat.

Baca Juga :  Tinder Batal Hadirkan Kencan di Metaverse
Harga Samsung Galaxy Watch 5 Series

Samsung unggulkan Galaxy Watch 5 sebagai perangkat yang bisa menemani penggunanya punya gaya hidup lebih sehat. Setidaknya ada 90 mode olahraga yang bisa dipilih, dan mode seperti sleep tracking berikan informasi lengkap terkait kualitas tidur, termasuk saturasi sepanjang tidur yang dideteksi otomatis.

Bagaimana dengan daya tahannya? Samsung hanya menyebutkan kalau baterai Galaxy Watch 5 lebih besar 13% dari generasi sebelumnya. Dengan spesifikasi cip Exynos W920 dan RAM 1,5GB, bisa dibilang daya tahan baterai bakal tak jauh berbeda. Untungnya, Samsung berikan dukungan fast charging–hanya perlu isi daya 8 menit untuk catat waktu tidur 8 jam.

Harga Samsung Galaxy Watch 5 Pro Sedikit Lebih Mahal

Harga Samsung Galaxy Watch 5 Series

Bagaimana dengan Galaxy Watch 5 Pro? Secara daya tahan bisa dibilang mirip, sama-sama gunakan kaca safir, punya sertifikasi tahan air, serta standar MIL-STD-810H. Yang membuatnya beda adalah desain bodinya, dengan bezel yang dibuat sedikit melebihi layar untuk alasan keamanan ekstra.

Materialnya juga lebih kuat, karena bodi Galaxy Watch 5 Pro terbuat dari titanium. Baterainya juga cukup besar, mencapai 590 mAh. Dan dengan fast charging, hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk isi daya sampai 45%. Sama-sama gunakan strap silikon, sayangnya varian ini tak lagi dilengkapi dengan bezel layar yang bisa diputar untuk permudah navigasi tanpa menyentuh layar.

Harga Samsung Galaxy Watch 5 Series

Nah, khusus versi Pro, ada fitur GPS Route Tracking yang lebih lengkap. Baik para pesepeda maupun pendaki, masing-masing bisa berbagi rute perjalanan atau mengikuti rute seseorang dalam sebuah trip. Nantinya, bakal ada petunjuk rute dari layar jam tangan. Atau melalui petunjuk suara supaya pandangan pengguna tetap fokus ke sekitarnya.

Selain berbagi rute dalam format GPX, Samsung Galaxy Watch 5 Pro juga memiliki fitur Track Back yang bisa arahkan kembali ke titik asal. Hadir dalam satu varian 45mm saja, harga Samsung Galaxy Watch 5 Pro mencapai Rp5,999 juta. Ada bonus e-voucher Rp1 juta dan proteksi Samsung Care+ 1 tahun selama masa pre-order.

Baca Juga :  Harga Tecno POVA 3 Resmi Indonesia, Baterai 7,000 mAh Rp2 Jutaan – Gizmologi

Sementara untuk harga Samsung Galaxy Watch 5 versi standar, dibanderol seharga Rp3,499 juta & Rp3,999 juta untuk masing-masing ukuran 40mm & 44mm. Semuanya hanya tersedia dalam varian Bluetooth saja, setidaknya selama masa peluncuran. Khusus varian non-Pro, ada opsi Bespoke Edition sampai strap berbahan Milanese tanpa harus merogoh kocek ekstra.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News