Google Gelar Innovation Challenge untuk Industri Berita

Jakarta, Gizmologi – Google mengumumkan program Google News Initiative (GNI) Innovation Challenge yang ketiga di wilayah Asia Pasifik. Program ini terbuka bagi lembaga berita dari semua skala dengan proyek yang berfokus pada inovasi di industri berita.

“Kami ingin membantu memberdayakan organisasi berita di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk merintis ide-ide baru guna mendukung jurnalisme berkualitas,” kata Google melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (8/7/2022).

GNI Innovation Challenge di Asia Pasifik terbuka bagi lembaga berita dari semua skala yang bertujuan untuk menghasilkan jurnalisme orisinal, dengan proyek rancangan lembaga media yang berfokus pada inovasi, guna menciptakan sektor berita yang lebih berkelanjutan dan beragam.

Proyek akan dievaluasi dan diseleksi berdasarkan beberapa kriteria, termasuk: dampak pada komunitas berita, inovasi, kelayakan, dan keinginan untuk berbagi pengetahuan. Untuk berpartisipasi dalam program ini, peserta harus berdomisili di wilayah Asia Pasifik dan memiliki tempat usaha utama di daerah tersebut.

Pendaftaran dibuka hingga 23 Agustus pukul 22:59 WIB dan aplikasi dapat dikirimkan melalui situs web dalam bahasa Inggris, Bengali, Mandarin (tradisional), Hindi, Indonesia, Jepang, Korea, atau Thailand. Informasi lebih lanjut termasuk aplikasi pendaftaran dapat diakses melalui situs web resmi GNI.

Google mengatakan pihaknya akan mengadakan pertemuan terbuka virtual pada 13 Juli 2022 pukul 13:00 WIB untuk menjawab pertanyaan peserta melalui siaran langsung di saluran YouTube Google News Initiative.

GNI Innovation Challenge telah mendorong inovasi di industri berita sejak 2018, dan telah mendanai lebih dari 200 proyek di 47 negara secara global.

Innovation Challenge sebelumnya telah mendukung lebih dari 30 penerbit di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk mengembangkan model bisnis yang berkelanjutan dengan mendiversifikasi aliran pendapatan dan meningkatkan keterlibatan audiens.

Baca Juga :  Nokia X30 5G & G50 5G Gunakan Bahan Ramah Lingkungan, Punya Kamera 50MP PureView