Google Hangouts Bakal Tutup November

California (AS), Gizmologi – Meski telah menjadi raksasa teknologi dengan layanan dari mesin pencari, sistem operasi Android, YouTube, hingga puluhan aplikasi lain yang digunakan pengguna sehari-hari, tak semua produk besutan Google berhasil. Ada juga sejumlah aplikasi yang ditutup, salah satu yang terbaru adalah Google Hangouts.

Dirilis pada 15 Mei 2013, Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi mencakup perpesanan instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP. Sayangnya, aplikasi ini tidak berumur panjang. Google akan menutupnya secara resmi pada November 2022 mendatang.

Google kini memulai proses migrasi pengguna Hangouts pribadi gratis ke Chat. Sebelumnya, Google menghentikan pengguna Google Hangouts for Workspace pada Februari.
Baca juga: Mengenal Kebijakan PSE yang Bisa Buat Google cs Terancam Diblokir di Indonesia

Google telah secara berkala menghentikan operasional merek Hangouts untuk mendukung layanan pesan versi lebih baru karyanya selama beberapa waktu terakhir. Karenanya tidak mengejutkan bila perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini akhirnya memutuskan untuk menghentikan operasional platform sepenuhnya

Pengguna Google Hangouts Pindah ke Google Chat

Google Hangouts Gmail Chat

Google sepertinya memang kebingungan dalam pengembangan aplikasi komunikasi. Mereka memiliki cukup banyak aplikasi yang berhubungan dengan chatting dan panggilan video. Pada 2005, perusahaan ini meluncurkan Google Talk yang kemudian disuntik mati pada pertengahan Juni 2022.

Selain Hangouts, pada 2016 yang lalu mereka meluncurkan Google Duo sebagai aplikasi yang fokus dalam panggilan video. Nah, pada 2017 meluncurkan Google Meet yang juga fungsinya sebagai panggilan konferensi video.

Dalam pengumuman yang diposting di blognya, Google mengatakan orang yang masih menggunakan aplikasi seluler Hangouts akan melihat permintaan untuk pindah ke Chat. Adapun pengguna yang menggunakan Hangouts di Gmail di web, Google mengatakan tidak akan mulai meminta pengguna untuk beralih ke Chat hingga Juli.

Baca Juga :  WIR Group Boyong Cakap Hadirkan Sistem Edukasi Interaktif di Metaverse

“Meskipun kami mendorong semua orang untuk beralih ke Chat, Hangouts di web akan terus tersedia hingga akhir tahun ini. Pengguna akan melihat pemberitahuan dalam produk setidaknya sebulan sebelum Hangouts di web mulai dialihkan ke Chat di web,” ujar Ravi Kanneganti, Manajer Produk Google Chat, di laman Google Blog (27/6).

Jika kamu masih menggunakan Google Hangouts, Google akan secara otomatis mentransfer percakapan yang ada ke Google Chat. Di aplikasi Google Hangouts, pengguna akan menemukan jendela yang meminta mulai hari ini untuk memindahkan baik ke aplikasi Chat mandiri atau ke Chat di Gmail. Dalam notifikasi tersebut, Google mendeklarasikan bahwa Hangouts telah digantikan oleh Google Chat. Pada Gmail, Google tidak akan mulai mendorong pengguna Hangouts untuk beralih hingga bulan Juli.

Google juga memberi opsi untuk menggunakan layanan Takeout-nya untuk mengunduh salinan data Hangouts sebelum secara resmi dihentikan pada November mendatang.

Fitur baru Google Chat

Untuk menarik pengguna agar beralih ke Chat, Google mengatakan sedang meluncurkan beberapa fitur baru, termasuk kemampuan untuk melakukan panggilan langsung, membuat utas sebaris di Spaces (pengubahan citra dari Rooms), serta berbagi dan melihat banyak gambar.

Google Chat menawarkan pengalaman modern dan terintegrasi di Google Workspace. Pindah ke Google Chat membuka cara baru dan lebih baik untuk terhubung dan berkolaborasi. Misalnya, pengguna dapat mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet dengan pengeditan berdampingan , sehingga memudahkan untuk berkolaborasi sambil melanjutkan percakapan.

Google Chat juga menyertakan Spaces , tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik. Grup dan tim dapat berbagi ide, mengerjakan dokumen, dan mengelola file dan tugas, semuanya dari satu lokasi. Dan, tampilan terintegrasi baru di Gmail mempermudah penggunaan Chat bersama kotak masuk Gmail, Spaces, dan Meet.

“Kami memiliki ambisi besar untuk masa depan Chat, dan dalam beberapa bulan mendatang Anda akan melihat lebih banyak fitur seperti panggilan langsung, utas sebaris di Spaces, dan kemampuan untuk berbagi dan melihat banyak gambar,” pungkas Ravi.

Google Chat sendiri mulai diperkenalkan pada Oktober 2020.