Prioritaskan Konten Faktual, Google Bakal Kurangi Informasi Clickbait

Jakarta, Gizmologi – Google menggulirkan serangkaian update pada mesin pencariannya (Google Search) untuk mengurangi penyebaran informasi clickbait. Hal ini dilakukan untuk memprioritaskan ulasan asli dan autentik ketimbang informasi hasil daur ulang yang beredar di situs-situs agregator.

Melansir The Verge, perubahan tersebut akan hadir dalam dua pembaruan sekaligus yang akan diluncurkan beberapa minggu ke depan. Nantinya pembaruan ini akan mengatasi banyaknya konten clickbait yang kerap muncul di Google Search.

“Kami tahu orang tidak menganggap konten bermanfaat jika sepertinya dirancang untuk menarik klik (clickbait) daripada memberi tahu pembaca. Jadi mulai minggu depan untuk pengguna bahasa Inggris secara global, kami meluncurkan serangkaian peningkatan Search untuk memudahkan orang menemukan konten bermanfaat yang dibuat khusus oleh dan untuk orang-orang,” tulis Google lewat pengumuman yang diunggah di blog resmi perusahaan.

Lebih lanjut, pembaruan ini memastikan konten yang tidak orisinal dan berkualitas rendah bakal memperoleh peringkat buruk di Search. Hal ini terutama untuk konten yang berkaitan dengan materi pendidikan online, hiburan, belanja dan teknologi.

Juru bicara Google, Jennifer Kutz mengatakan, pembaruan pertama bakal segera meluncur secara global untuk pengguna bahasa Inggris pada Senin (22/8) pekan depan. Pembaruan yang bertujuan untuk menyeleksi peringkat pencarian umum ini disebut dengan ‘Helpful Content Update’.

Baca Juga: Android 13 Resmi ke Google Pixel, Menyusul ke Android Lainnya Sepanjang 2022

Google Bakal Kurangi Informasi Clickbait

“Pembaruan ini akan membantu untuk memastikan bahwa konten yang tidak orisinal dan berkualitas rendah tidak mendapat peringkat tinggi di Penelusuran, terutama untuk materi pendidikan online, hiburan, belanja, dan konten terkait teknologi,” ujarnya.

Google sejauh ini telah mengubah peringkat ulasan produk berkali-kali sebelumnya, terakhir pada Desember 2021 dan Maret 2022. Pembaruan ini mungkin sangat membantu bagi siapa saja yang menggunakan “peretasan” Reddit untuk menyaring situs web yang tidak membantu dalam hasil pencarian yang mendukung pengalaman manusia nyata.

Baca Juga :  Ketangguhan di Balik Desain Mutakhir Ponsel Lipat Samsung

Anda dapat melihat ini beraksi saat mencari ulasan perangkat keras. Misalnya, memulai pencarian Google untuk “Sony WH” di AS menyarankan dua hasil dengan “Reddit” di akhir yang mendukung kata “review” untuk headphone seri Sony WH-1000XM yang populer.

Sayangnya, saat ini Google belum menyebut kapan tanggal pasti pembaruan kedua ini akan dirilis. Pihaknya hanya mengungkap, pembaruan sedang dalam proses dan diharapkan meluncur dalam beberapa minggu mendatang.