Google dkk Akhirnya Terdaftar PSE Kominfo

Jakarta, Gizmologi – Sehari usai tenggat waktu registrasi Penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat berakhir. Google secara resmi akhirnya mendaftarkan diri sebagai sebagai PSE asing di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun platform yang didaftar Google, seperti YouTube, Google Maps, Gmail, Play Store dan layanan Google Cloud telah teregistrasi dalam Online Single Submission (OSS). Perwakilan Google di Indonesia mengonfirmasi bahwa dua entitasnya telah didaftarkan ke situs PSE Kominfo pada Kamis (21/7).

“Kami barusan dapat kabar, Google mendaftarkan empat platform tambahan selain Google Cloud dan (Google) Ads-nya. Sekarang, mereka mendaftarkan YouTube, Search Engine, Play Store, dan Google Maps,” kata Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Pangerapan dalam keterangannya.

Pada kesempatan yang sama, Kominfo juga memaparkan sejumlah PSE yang terancam diblokir karena tak kunjung mendaftarkan diri ke Kominfo. Ultimatum itu dialamatkan kepada 100 trafik terbesar di Indonesia.

Berdasarkan pantauan kementerian hari ini, setidaknya masih ada belasan nama platform digital besar yang belum mendaftar, antara lain Roblox, Opera, LinkedIn, PayPal, Amazon.com, Yahoo, Bing, Steam, DOTA, Epic Games, Counter-Strike, Alibaba.com, Battle.net dan Origin. Kominfo menyatakan akan secara bertahap memberikan sanksi kepada PSE yang belum mendaftar.

Baca Juga: Extra Time 5 Hari Buat Google Cs Daftar PSE di Kominfo

Platform yang Belum Terdaftar PSE Kominfo akan Dapat Teguran

Kominfo PSE
Konferensi Pers Kominfo terkait PSE

“Sekarang sedang disiapkan surat untuk yang tadi saya sebutkan yang belum mendaftar. Surat peringatan untuk segera melengkapi, kalau tidak proses pemblokiran akan berjalan,” tegasnya.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Baca Juga :  Samsung Galaxy M13 Resmi Diam-diam, Bawa Setup Tiga Kamera 50MP

Berdasarkan data terakhir, sejak pendaftaran PSE Lingkup Privat ditutup pada 20 Juli Kominfo mencatat sebanyak 8.276 PSE secara keseluruhan. “Data ini terus bertambah yang domestik 8.069, sedangkan asing 207,” imbuh Semmy.

Rencananya, Kominfo mulai hari ini akan memberikan sanksi pertama, berupa surat teguran tertulis kepada PSE yang belum mendaftar sampai tenggat waktu yang diberikan. Melalui surat tersebut, kementerian juga memberikan tenggat waktu lima hari kerja bagi PSE itu untuk segera melengkapi pendaftaran.

“Jika tidak mendaftar dalam kurun waktu tersebut, Kominfo akan memulai proses pemblokiran.”


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News