Gen Z Lebih Suka ‘Googling’ di TikTok Sama Instagram

Jakarta, Gizmologi – Tak bisa dipungkiri jika TikTok dan Instagram menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk kalangan Gen Z. Bahkan menurut sebuah penelitian, generasi milenial justru kerap menjadikan dua media sosial itu jadi sumber informasi utama daripada mencari terlebih dulu di Google.

Alih-alih mencari informasi di mesin pencari Google Search atau Maps, sejumlah pengguna internet yang masuk dalam kelompok generasi Z (Gen Z) lebih mengandalkan TikTok dan Instagram untuk menemukan sesuatu. Hal tersebut disampaikan langsung Wakil Presiden Google yang menjalankan Knowledge & Information organization, Prabhakar Raghavan.

“Dalam penelitian kami, hampir 40% anak muda, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Google Search, melainkan mereka membuka TikTok atau Instagram,” kata Raghavan dalam sebuah diskusi.

Pola Pencarian Gen Z yang Unik

Menariknya, Raghavan justru menjelaskan kalau pencarian kata kunci (keyword) yang digunakan para milenial cenderung berbeda dari yang biasanya ditulis di Google. Hal ini menunjukkan kalau Gen Z memiliki pola pikir baru dan berbeda dari apa yang biasa ditemukan Google.

Dalam keterangan terpisah, Google juga mengonfirmasi bahwa penelitian internal yang disampaikan Raghavan itu melibatkan survei pengguna AS dari rentang usia 18 hingga 24 tahun. Rentang usia tersebut termasuk ke dalam kelompok Gen Z.

Baca Juga: TikTok Perpanjang Durasi Jadi 10 Menit, Mau Saingi YouTube?

Sedangkan menurut Beresfod Research, Gen Z adalah seseorang yang lahir di rentang tahun 1997-2012 dan berusia antara 10-25 tahun pada 2022 ini. Untuk itu Google tengah menyoroti pengembangan browser untuk menarik audiens yang lebih muda dan digital savvy.

TikTok, sendiri merupakan aplikasi media sosial dengan pertumbuhan tercepat, dan popularitas terus meningkat selama beberapa tahun terakhir – sedemikian rupa sehingga menginspirasi pesaing media sosial Instagram dan Snapchat untuk meluncurkan fitur video peniru di Reels dan Spotlight.

Baca Juga :  Spesifikasi POCO X4 GT, Pertama dengan Layar 144Hz