Gandeng The Sandbox, Bank DBS Masuki Dunia Metaverse

Jakarta, Gizmologi – DBS Bank Ltd (DBS) baru-baru ini telah menjalin kerja sama dengan The Sandbox, perusahaan virtual game terkemuka untuk terjun ke dunia Metaverse. Kerja sama keduanya bertujuan untuk menciptakan DBS BetterWorld.

CEO DBS Piyush Gupta mengatakan, kemitraan tersebut ditujukan untuk merancang pengalaman metaverse yang interaktif. Ini merupakan bagian dari roadmap DBS dalam memperluas eksplorasi Web3 untuk konsumennya.

“Seperti artificial intelligence dan blockchain, perubahan tersebut berpotensi menjadi lebih besar. Teknologi metaverse, yang masih berkembang, juga dapat secara mendasar mengubah cara bank berinteraksi dengan nasabah dan masyarakat,” ujar Gupta dalam keterangan tertulis dikutip, Kamis (15/9).

Tentunya kemitraan ini menjadikan DBS sebagai perusahaan Singapura pertama yang menjalin kerja sama dengan The Sandbox dan bank pertama di Singapura yang terjun ke dunia metaverse. Langkah ini juga menandai tonggak pencapaian baru dalam perjalanan DBS yang terus mengeksplorasi potensi peluang Web 3.0 atau internet generasi ketiga.

Dalam kerja sama ini, DBS akan mengakuisisi lahan berukuran 3×3 LAND unit real estate virtual di metaverse The Sandbox yang akan dikembangkan dengan elemen imersif. Terlebih dalam beberapa dekade mendatang, industri jasa keuangan mengalami kemajuan digital didorong oleh teknologi baru seperti artificial intelligence dan blockchain.

“Kemitraan kami dengan The Sandbox dan Animoca Brands menandai dimulainya kolaborasi yang menarik saat kami mendorong batas-batas dari apa yang mungkin terjadi di metaverse,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan, CEO DBS Hong Kong, Sebastian Paredes menurutnya, metaverse menghadirkan peluang yang menarik untuk memperbarui gaya hidup, cara bekerja, dan cara berinteraksi dengan sesama.

“Kami mulai menjajaki bidang ini dan para ahli teknologi muda diberikan kebebasan untuk mengembangkan konsep eksperimental di dunia metaverse. Melalui kolaborasi ini, tercipta kesempatan bagi talenta-talenta muda untuk terlibat lebih jauh dalam mengembangkan penggunaan The Sandbox,” jelas Paredes.

Baca Juga :  Survei Populix: Mobile Banking dan e-Wallet Jadi Pilihan Utama Pembayaran

Baca Juga: Starcamp Demonstrasikan Teknologi Metaverse di NXC Summit Bali

DBS Bank x The Sandbox

Adapun Co-Founder and Executive Chairman of Animoca Brands, Yat Siu menambahkan, Bank DBS sudah lama dikenal sebagai salah satu bank yang paling inovatif di dunia melalui transformasi perbankan digitalnya dan penggunaan teknologi baru.

“Kami sangat senang dapat bersama-sama menciptakan open metaverse bersama Bank DBS melalui kolaborasi ini bersama anak perusahaan kami yaitu The Sandbox,” tambahnya.

Selain itu, COO and Co-Founder of The Sandbox, Sebastian Borget mengatakan pihaknya menyambut DBS menjajaki The Sandbox sebagai bank pertama di Singapura yang memasuki open metaverse dan berpartisipasi dalam upaya menciptakan SingaporeVerse, sebuah lingkungan di peta virtual yang akan menghidupkan budaya Singapura ke dalam dunia metaverse.

Rencananya DBS BetterWorld akan menjadi platform bagi para nasabah dalam mencapai tujuan keberlanjutan dengan menyediakan jalan bagi para pengunjung ke The Sandbox. Misalnya, DBS akan menggunakan platform ini untuk membuat profil wirausaha sosial di Asia yang memberikan dampak positif melalui model bisnis yang inovatif.

Sejak 2014, DBS dan DBS Foundation telah membantu lebih dari 800 wirausaha sosial di seluruh wilayah dalam meningkatkan skala bisnis mereka dan telah memberikan hibah sebesar lebih dari SGD 10 juta kepada hampir 100 wirausaha sosial.