Gandeng Erajaya, ZTE Comeback di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Setelah absen cukup lama, ZTE kembali memboyong smartphone terbaru mereka ke Indonesia. Menggandeng Erajaya sebagai distributor resmi, ponsel pintar ZTE akan dirilis pada bulan September mendatang.

“Kami akan luncurkan ponsel yang terbaru,” kata Presiden Direktur ZTE Indonesia, Richard Liang Weiqi, Kamis (21/7/2022).

Keinginan mereka untuk hadir kembali di pasar smartphone Indonesia didasari perangkat tersebut banyak digunakan masyarakat, terutama ketika pandemi melanda. Perangkat digital seperti ponsel dan tablet diandalkan untuk membantu bekerja dan bersekolah dari jarak jauh. “Ini waktu yang tepat untuk kembali ke bisnis ponsel di Indonesia,” kata Weiqi.

ZTE terkenal sebagai operator telekomunikasi dan penyedia solusi teknologi telekomunikasi. Mereka sempat meramaikan pasar ponsel Indonesia sekira tahun 2000an, namun, beberapa tahun terakhir mereka sudah tidak hadir lagi di tanah air.

Ponsel pintar keluaran ZTE, antara lain Nubia, Blade dan Axon masih beredar di negara lain. Kendati sudah menggandeng Erajaya, ZTE belum mau membocorkan smartphone apa yang akan diluncurkan di Indonesia.

Chief Merchandise and Planning Erajaya Digital, Herman Wong, dalam acara yang sama menyatakan setidaknya ada tiga sampai enam model ponsel ZTE yang akan masuk ke Indonesia untuk tahun ini. Diperkirakan pada awal tahun depan, portofolio ponsel ZTE di Indonesia akan lengkap.

“Kami tentu berharap semua tipe akan masuk. Tentu secara bertahap,” kata Herman.

Baca Juga: ZTE Axon 40 Ultra Bawa Tiga Sensor 64MP & Kamera Depan Under Display

Flagship Smartphone ZTE

ZTE Axon 40 Ultra
Ilustrasi smartphone ZTE

Bisa dikatakan ZTE masih cukup gigih dalam memproduksi perangkat pintar mereka. Terbaru mereka sempat merilis Android flagship-nya ZTE Axon 40 Ultra pada bulan Mei lalu.

Secara spek ZTE Axon 40 Ultra tidak kalah dengan smartphone flagship kompetitor lainnya. Bahkan, ZTE merupakan salah satu vendor smartphone dengan kamera depan under-display pertama kali yang dirilis secara komersil.

Baca Juga :  POCO C40 Resmi di Vietnam, Pakai Chipset JR510 Harga Rp2 Jutaan

Untuk jeroannya, ZTE Axon 40 Ultra didukung oleh penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 1, bersama opsi RAM hingga 16GB LPDDR5 dan penyimpanan internal seluas 1TB. Ada speaker stereo yang ditingkatkan lewat DTS Ultra, serta baterai 5,000 mAh yang bisa diisi dengan cepat lewat arus 80W fast charging.

Ada tiga sensor kamera yang disematkan ZTE pada Axon 40 Ultra masing-masing sensor beresolusi 64MP, dengan sensor utama dan ultra-wide sama-sama gunakan Sony IMX787 yang dirancang kustom. Yang pertama didukung OIS dan omnidirectional autofocus, sementara yang kedua mendukung autofokus untuk foto makro.

Sensor ketiga berjenis periskop dengan focal length 91mm, setara dengan 5,7x optical zoom, juga didukung oleh OIS. Benefit dari penggunaan sensor besar adalah ketiganya sama-sama bisa rekam video sampai resolusi 8K.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News