7 Fungsi Handphone dalam Kehidupan Sehari-hari

Memiliki ponsel pintar rupanya sudah menjadi kebutuhan primer. Pasalnya, setiap orang hampir memilikinya. Fungsi handphone tidak lagi sekadar untuk menelepon. Karena hampir semua hal dilakukan melalui smartphone. Ini adalah salah satu bentuk kemajuan zaman yang memudahkan masyarakat.

Sebagaimana telah disinggung di atas, fungsi handphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja saat ini. Itulah yang menjadi salah satu alasan banyaknya model dan seri ponsel yang beredar. Produsen smartphone membuat produk dengan seri dan model yang berbeda tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Sebab, fungsi handphone yang hanya digunakan untuk berkomunikasi belum tentu dapat digunakan untuk bekerja. Inilah yang juga menjadi alasan ada beberapa ponsel yang dijual dengan harga tinggi. Akan tetapi, demi kebutuhan dan kelancaran kegiatan, tentu banyak orang tidak ragu untuk membelinya.

Terlebih, terdapat banyak kemudahan dalam pembelian ponsel, seperti dengan mencicil. Platform jual beli barang online seperti Traveloka menyediakan sistem mencicil produk yang ingin kamu beli. Dengan cicil handphone di Traveloka, kamu bisa mendapatkan ponsel sesuai kebutuhan tetapi dengan sistem pembayaran yang lebih ringan.

Fungsi handphone

Traveloka Epic Sale

Lantas, sebenarnya apa saja fungsi handphone sehingga menjadi kebutuhan primer saat ini?

  1. Alat Berkomunikasi
    Sebagai media atau alat berkomunikasi sudah jelas menjadi fungsi utama dari telepon genggam. Sejak pertama kali diciptakannya, digunakan untuk berkomunikasi adalah tujuan utama pembuatannya. Semakin berkembangnya zaman, cara berkomunikasi dalam masyarakat pun kian berkembang.
    Bermula dari hanya dapat saling mengirim pesan, telepon suara, sampai kini sudah dapat telepon dengan melihat wajah. Semua itu adalah bentuk dari kemajuan zaman dan kecanggihan ponsel pintar yang terus dikembangkan. Sehingga komunikasi darimana saja, serta kapan saja dapat dilakukan.
  2. Kegiatan Belajar Mengajar
    Kegunaan atau fungsi selanjutnya dari adanya handphone adalah untuk kegiatan belajar mengajar. Terlebih, sejak adanya pandemic virus corona, semua hal harus dialihkan menjadi daring. Tak terkecuali dengan kegiatan belajar mengajar. Meskipun bukan hal baru, tetapi kegunaan ini terbilang baru digunakan oleh banyak pihak.
  3. Sarana Bekerja
    Pada awal abad ke-21, bekerja dari rumah adalah sesuatu yang mulai berkembang. Sebelumnya, mungkin jika mendengar seseorang yang bekerja dari rumah masih terasa asing. Akan tetapi, kemajuan zaman dan teknologi juga membawa ranah ini. Sehingga banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, tentunya berkat bantuan ponsel pintar.
    Umumnya, seseorang yang bekerja dengan ponsel, membutuhkan spesifikasi ponsel yang lebih mumpuni. Sebab memang mereka membutuhkan ruang penyimpanan atau spesifikasi yang memadai untuk melakukan pekerjaannya. Sehingga ponsel-ponsel yang memang diluncurkan untuk bekerja memiliki harga yang terbilang tinggi.
  4. Hiburan
    Kegunaan dari ponsel selanjutnya adalah sebagai hiburan. Ini adalah fungsi dari telepon genggam yang sudah banyak digunakan. Ponsel pintar yang saat ini beredar di masyarakat dilengkapi dengan berbagai macam fitur hiburan.
    Mulai dari bermain game, menonton video, menonton film, mendengarkan musik, sampai streaming video-video sudah bisa Anda nikmati. Caranya dengan mengunduh aplikasi-aplikasi terkait. Selain itu, terdapat banyak situs-situs hiburan yang bisa Anda akses gratis. Mulai dari hiburan yang lucu, sampai beragam informasi menarik lainnya.
  5. Penyimpanan
    Fungsi selanjutnya dari handphone adalah dapat digunakan sebagai media penyimpanan. Dalam hal ini, jelas bahwa telepon genggam dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam data yang penting. Mulai dari foto, video, nomor kontak, catatan pribadi sampai file dokumen penting.
    Tidak perlu membawa note atau buku tulis lagi, sebagian besar dari hal-hal tersebut bisa Anda lakukan melalui ponsel. Dengan menyimpan data-data penting tersebut di dalam telepon, dapat memudahkan Anda untuk mengaksesnya.
    Kapan saja dan dimana saja bisa dengan mudah dibuka. Bahkan, melalui teknologi surat elektronik, Anda dapat mengirimkan berbagai berkas pekerjaan atau kepentingan lainnya dengan lebih cepat dan mudah.
  6. Membantu Keadaan Darurat
    Tanpa Anda sadari, kehadiran telepon genggam ternyata dapat membantu ketika dalam keadaan darurat. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungi nomor-nomor penting. Seperti polisi, pemadam kebakaran, ambulance, sampai layanan-layanan lainnya saat Anda sedang berada dalam kondisi darurat.
    Dengan menggunakan ponsel pintar, tentu jangkauan komunikasi yang Anda lakukan dapat lebih luas, praktis, dan mudah. Anda tidak perlu langsung datang ke rumah sakit untuk memanggil ambulance, atau datang langsung ke pemadam kebakaran untuk menggunakan jasanya.
  7. Pengoperasian Aplikasi
    Pengoperasian aplikasi juga menjadi salah satu kegunaan dari telepon genggam dalam kehidupan sehari-hari yang tidak kalah penting. Sampai saat ini, terdapat banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari.
    Contohnya seperti pengiriman dokumen, membuat dokumen, menggunakan internet, aplikasi kalkulator, alarm, sampai converter. Berbagai aplikasi canggih saat ini juga sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis melalui ponsel Anda. Inilah kemudahan yang akan Anda rasakan berkat fungsi dari handphone
Baca Juga :  WIR Group Lestarikan Budaya Batik Semar Lewat Metaverse