Fitur Twitter Circle Mulai Digulirkan, Mirip Close Friends di Instagram

Jakarta, Gizmologi – Bagaikan pisau bermata dua, berbagi suatu hal maupun topik di media sosial terkadang bisa berikan impresi positif maupun mengundang diskusi yang kurang menyenangkan. Termasuk di Twitter, dan untuk mencegah potensi tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur Twitter Circle yang akhirnya digulirkan secara umum.

Ya, Twitter Circle dihadirkan dengan fungsi selayaknya close friends pada media sosial Instagram. Dengan begitu, pengguna dapat membatasi siapa saja yang bisa melihat maupun berikan reaksi atau komentar pada suatu unggahan. Konsep pertama dari Twitter Circle sendiri sudah muncul sejak bulan Juli 2021 lalu-saat itu dinamakan “Trusted Friends”.

Mungkin supaya lebih familiar oleh penggunanya ya, jadi dibuat lebih mirip namanya dengan yang ditawarkan oleh Instagram. Selang satu tahun kemudian, akhirnya digulirkan ke seluruh pengguna, termasuk di Indonesia. Dari yang awalnya dikabarkan sebagai fitur yang tidak termasuk pada pengembangan aktif dari pihak Twitter.

Baca juga: Ujicoba Twitter Notes Dimulai, Bisa Jadi Pesaing Medium

Cara Pakai Fitur Twitter Circle

Twitter Circle

Bila Gizmo friends sudah mendapatkan fitur ini sejak beberapa pekan lalu, tentu saat ini sudah familiar dengan bagaimana cara menggunakan Twitter Circle. Namun bagi sebagian pengguna lain (termasuk saya) yang tidak terpilih, baru menemukan opsinya pada awal bulan Juli ini. Cara menggunakannya pun sangat mudah, seperti memilih opsi saat unggah postingan di Instagram Stories.

Gizmo friends hanya perlu membuat tweet seperti biasa. Nah, sebelum menekan tombol kirim, di bagian atas terdapat indikator baru, secara default tertulis “public”. Artinya, semua orang bisa melihat dan membalas cuitan tersebut. Nah, kalau ingin lebih privat, klik indikator tersebut lalu pilih Twitter Circle. Kemudian klik tombol edit di sebelah kanan.

Baca Juga :  Huawei MateBook D 16 Resmi di Indonesia, Punya Kemampuan Produktivitas Maksimal

Ketika pertama kali akses menu ini, kamu akan diberi penjelasan terkait batasan dari fitur Twitter Circle. Jumlah orang yang bisa ditambahkan maksimum hanya 150 orang saja, dan tentunya hanya mereka yang bisa melihat cuitan ketika opsi ini dinyalakan. Pengguna bebas mengubah siapa saja yang termasuk ke dalamnya—mereka yang dihapus pun tak bakal dapat notifikasi.

Pengguna Twitter Semakin Aman Beropini

Twitter Circle

Lalu bagaimana pengguna bisa tahu bila sebuah tweet dicuitkan dengan mode publik atau Twitter Circle? Sangat mudah. Mereka yang memanfaatkan opsi selektif ini, secara otomatis akan memunculkan tanda khusus di bawah cuitannya. Dengan informasi bila hanya orang tertentu yang bisa melihat—menandakan kamu masuk ke dalam Twitter Circle pengguna tersebut.

Saat artikel ini dibuat, opsi Twitter Circle baru muncul di aplikasi Twitter untuk perangkat iOS maupun Android. Sementara ketika pengguna mengakses Twitter lewat situs resmi maupun TweetDeck, opsi baru ini masih belum tersedia. Mungkin masih dalam tahap pengembangan dan bakal hadir dalam waktu dekat.

Twitter Circle hadir sebagai opsi tambahan agar penggunanya dapat merasa lebih aman untuk membagikan opini mereka di platform tersebut. Sebelumnya, pengguna juga diberikan opsi untuk membatasi siapa saja yang bisa membalas tweet. Supaya tidak sembarang orang bisa berikan respon atas sebuah opini.