Fitur Terbaru Windows 11 Mirip MacOS?

Washington, Gizmologi – Saat ini Microsoft disebut-sebut sedang melakukan pengujian terhadap fitur terbaru Windows 11. Pembaruan apakah yang nantinya ditawarkan?

Meskipun belum banyak terungkap, namun, berdasarkan bocoran dari Dev Channel, Jumat (22/7/2022), saat ini fitur terbaru tersebut telah tersedia di Windows 11 Insider Preview Build 25163. Terlihat fitur overflow bar yang ada mirip dengan yang dimiliki MacOS.

Ya, fitur terbaru Windows 11 ini memungkinkan pengguna melihat aplikasi yang sudah dibuka pada taskbar dengan section tersendiri yang diakses pada menu elips (…) yang ada di sebelah kanan bawah layar. Pengguna bisa mengklik ikon untuk melihat, mengakses, atau menutup aplikasi yang masih berjalan jika taskbar sudah terlalu banyak.

Bisa dibilang, fitur ini merupakan versi yang dioptimalkan dari fitur Windows sebelumnya yang memotong aplikasi overflow menjadi satu ikon dan mampu dibuka dengan pintasan via keyboard seperti Alt-Tab untuk mengaksesnya. Tentunya akan memberikan kemudahan bagi pengguna.

Windows 11

Namun, berdasarkan catatan PCWorld, versi terbaru dari overflow bar ini tidak dijamin akan tersedia untuk build publik, karena masih dalam tahap pengujian pengembang. Saat ini Microsoft sedang mencari cara untuk meningkatkan akses dan fungsionalitas sistemnya.

Fitur Terbaru Windows 11 yang Sudah Berjalan

Sementara, pada build Windows 11 terbaru disebut-sebut mampu memblokir serangan brute force, di mana ada orang yang berusaha menerobos masuk ke PC dengan mengakses password sebanyak mungkin. Jika ada upaya masuk seperti ini, maka Windows secara otomatis akan mengunci akun setelah ada 10 kali upaya login yang gagal, termasuk akun administrator.

Seperti diketahui, tidak semua ancaman terhadap PC berasal dari virus atau email. Pasalnya, di luar sana tidak sedikit orang yang berusaha mencoba membobol akun yang dimiliki lewat sembarang password.

Baca Juga :  Lewat iOS 16, iPhone 14 Bakal Punya Fitur Always-on Display

Baca juga: Microsoft Buktikan Windows 11 Cocok untuk Pelaku Kreatif

Dengan adanya fitur keamanan tersebut, tentunya pengguna Windows 11 akan memilki ketenangan lebih. Apalagi upaya-upaya seperti ini biasanya bersifat random dan angka kesuksesannya tidak sedikit.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News