Fitur Shazam di iPhone Kini Otomatis Simpan Histori Pengenalan Lagu, Tanpa Aplikasi

Jakarta, Gizmologi – Apakah Gizmo friends pernah mengalami masa di mana sedang mendengarkan sebuah lagu, lalu ingin mengetahui nama artis maupun judul lagu tersebut? Aplikasi seperti Shazam bisa membantu kamu. Namun kini untuk pengguna iPhone, cara untuk akses bisa lebih mudah dan secara otomatis tercatat.

Aplikasi Shazam sendiri memang sudah tersedia sejak lama, bahkan ketika smartphone dengan sistem operasi Symbian masih cukup popular. Kemudian Google hadirkan Google Pixel series yang secara otomatis bisa kenali lagu selama perangkat menyala, tak membutuhkan koneksi internet sama sekali. Lebih praktis, meski sejumlah pengguna mengkhawatirkan privasi pengguna.

Kemudian pada tahun 2020, Apple berkolaborasi dengan Shazam untuk hadirkan fitur Music Recognition pada iOS 14.2. Sesuai dengan namanya, pengguna bisa mengenali lagu yang sedang diputar di sekitar, tanpa perlu install aplikasi, karena terintegrasi ke dalam OS. Sayangnya, informasi lagu hanya muncul dalam bentuk notifikasi. Ketika dihapus, tidak ada histori yang bisa diakses.

Baca juga: Inilah Fitur-Fitur Baru iOS 16, Kompatibel Untuk iPhone 8 ke Atas

Histori Bisa Diakses Langsung dari Control Center

Shazam iOS 15
(Sumber: Ther Verge)

Kali ini, fitur integrasi Shazam di iOS menjadi lebih lengkap. Dikabarkan oleh MacRumors, fitur pengenalan lagu di iOS 15 terbaru sudah otomatis menyimpan histori lagu yang “terdengar” lewat mikrofon smartphone. Tak hanya itu, perangkat Apple lainnya yang menggunakan ID Apple sama, juga secara otomatis dapat mengakses histori tersebut.

Caranya? Mudah saja. Bila kamu sudah memunculkan tombol Shazam pada Control Center, cukup sentuh dan tahan tombol tersebut. Kemudian akan tampil histori lagu yang pernah didengar secara berurutan, tinggal kamu gulirkan saja untuk mengetahui lagu mana yang ingin dicari. Meski begitu, masih ada sedikit keterbatasan lain.

Baca Juga :  Terjadi Lagi! Dugaan Kebocoran 1,3 Miliar Data Sim Card Indonesia

Walaupun histori ini bisa diakses dari perangkat Apple lain, kamu tidak bisa menyimpannya secara langsung ke dalam sebuah playlist. Opsinya adalah dengan mengunduh aplikasi Shazam, kemudian mengintegrasikan akun dengan Apple Music, supaya bisa otomatis membuat playlist dari lagu yang sudah dikenali.

Cara Munculkan Tombol Shazam di Control Center

Shazam iOS 15

Belum pernah menggunakan fitur ini sebelumnya? Secara umum, ada dua cara mudah untuk mengenali lagu di sekitar dengan cepat lewat iPhone. Cara pertama adalah dengan bertanya ke asisten suara Siri, menggunakan kalimat seperti “what’s this song?”. Cara kedua adalah lewat tombol Shazam yang bisa diletakkan pada Control Center.

Belum ada tombolnya? Cukup akses menu Settings – Control Center. Gulirkan ke bawah, dan kamu akan menemukan opsi “music recognition” pada bagian More Controls. Tambahkan tombol Shazam tersebut, dan nantinya saat perlu identifikasi lagu, bisa langsung akses Control Center dan sentuh tombol Shazam saja.

Bagi pengguna Android, kamu juga bisa menanyakan ke Google Assistant untuk mengenali sebuah lagu. Sementara untuk alternatif selain Shazam, juga bisa gunakan sejumlah aplikasi serupa seperti Genius dan Musixmatch—opsi kedua bisa secara otomatis tampilkan lirik lagu secara tepat, sesaat setelah lagu berhasil dikenali.