Fitur-Fitur Keren Galaxy Z Flip4 5G yang Nggak Ada di iPhone!

Jakarta, Gizmologi – Apple memang baru saja merilis seri iPhone terbarunya beberapa waktu lalu. Namun bila dibandingkan generasi sebelumnya, tidak begitu banyak perbedaan yang dibawa, terutama untuk varian non-Pro. Sementara itu, Samsung hadirkan Galaxy Z Flip4 5G yang bawa banyak penyempurnaan.

Samsung memang bisa dianggap pelopor dalam hal mempopulerkan smartphone layar lipat, dimulai dari Galaxy Fold yang pertama kali rilis 2019 silam, hingga kini hadir generasi penerusnya yang tampil dalam desain lebih kompak, lewat Galaxy Z Flip4 5G. Bahkan dijual dengan harga lebih murah dari generasi sebelumnya.

Nah, dibandingkan dengan iPhone yang memiliki desain konvensional, benefit yang ditawarkan melalui layar lipat Galaxy Z Flip4 5G tentu tidak hanya dimensinya yang lebih kompak. Lewat sejumlah fitur eksklusif termasuk FlexCam, ada berbagai macam cara seru untuk mengabadikan momen sehari-hari yang nggak bakal kamu temukan di iPhone.

FlexCam sendiri merupakan fitur eksklusif yang hanya hadir di Galaxy Z Flip4 5G. Dengan mekanisme buka tutup layar fleksibel, kamu dapat membukanya secara presisi, mulai dari 75-115 derajat. Dengan begitu, arah layar maupun kamera bisa disesuaikan untuk beragam keperluan. Seperti apa?

Merekam Video Secara Hands-free

vlog galaxy z flip4 borapurple

Ya, benefit yang bisa didapat dengan memiliki smartphone layar lipat seperti Galaxy Z Flip4 5G adalah bisa merekam video dari kedua sisi kamera tanpa perlu bantuan alat maupun orang lain. FlexCam membuat aplikasi kamera secara otomatis menyesuaikan tampilan viewfinder, agar lebih pas saat digunakan.

Ingin merekam tutorial make-up? Cukup buka lipatan layar dan nyalakan kamera depan. Setengah bagian atas layar bakal perlihatkan hasil video, sementara semua kendali seperti tombol rekam, filter dan lainnya dipisah ke bagian bawah layar. Letakkan Galaxy Z Flip4 5G di permukaan rata seperti meja, dan selesai. Tak perlu bantuan tripod, bukan?

Baca Juga :  Kinerja Telkom Indonesia Semester 1 2022: Cuan Rp13,3 Triliun

Ingin rekam video dengan kualitas jauh lebih tinggi? Ubah ke kamera belakang dan aktifkan layar luar (Cover Screen). Maka kamu bisa merekam momen terbaik dalam kondisi pencahayaan gelap sekalipun, dan tetap bisa melihat tampilan kamera. Sebuah metode yang nggak dimiliki oleh iPhone

Ambil Foto Selfie dari Cover Screen

selfie cover screen z flip4

Kamera depan iPhone terbaru memang sudah mendukung autofokus. Tapi tetap saja, kualitasnya tak akan sebaik sensor utama kamera belakangnya. Lewat Galaxy Z Flip4 5G, kamu bisa dengan mudah mengakses kamera belakang untuk berswafoto ria. Tanpa perlu mengakses layar utama, memanfaatkan fitur Quick Shot.

Cukup tekan tombol power dua kali dari posisi standby, dan Cover Screen secara otomatis akan tampilkan viewfinder dari kedua sensor kamera utama. Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto selfie baik dari sensor wide angle, ultra-wide angle, sampai mode portrait sekalipun. Proses ambil foto semudah menekan tombol volume, atau menunjukkan telapak tangan ke kamera untuk aktifkan timer otomatis.

Selain lebih cepat daripada harus mengakses kunci utama, foto selfie yang ditangkap bakal jauh lebih berkualitas. Dengan begitu, pengguna Galaxy Z Flip4 5G bisa menangkap momen instan yang ada sehari-hari.

Camcorder Style Untuk Perekaman A-la Handycam

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Selain berikan banyak cara untuk merekam video lebih fleksibel, FlexCam pada Galaxy Z Flip4 5G juga bisa membuat kamu lebih bergaya, salah satunya seperti menggunakan camcorder. Caranya? Buka layar utama hingga sudut 90 derajat, posisikan secara landscape dan genggam bagian layar yang paling dekat dengan wajah.

Secara otomatis, tampilan layar yang mengarah lurus ke wajah akan tampilkan viewfinder dari kamera belakang, sementara ibu jari secara pas dapat meraih tombol shutter yang ada di bagian layar bawah. Metode pengambilan a-la handycam ini secara natural membuat pengambilan video lebih stabil.

Baca Juga :  Google Beri Dukungan untuk UKM dan 10 Ribu Beasiswa di Indonesia

Selain itu, sensor kamera utama Galaxy Z Flip4 5G juga dibuat lebih superior dari generasi sebelumnya. Memiliki ukuran piksel individu lebih besar, cahaya yang ditangkap 65% lebih banyak. Dipadukan bersama Enhanced OIS plus VDIS, tangkapan video tentu bakal terlihat lebih stabil, termasuk di malam hari.

Dirancang Kokoh dengan IPX8

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Tak perlu khawatir menggunakan Galaxy Z Flip4 5G di luar ruangan, karena daya tahannya dirancang sama kuat seperti smartphone dengan bodi konvensional seperti iPhone. Bagian luar telah dirancang agar lebih tahan pecah berkat proteksi dari Corning Gorilla Glass Victus+. Samsung juga telah mengikuti mekanisme lipatan layarnya—setidaknya bakal tahan minimum hingga 200 ribu kali buka-tutup.

Tak hanya itu, smartphone ini juga termasuk yang pertama di dunia dengan sertifikasi IPX8. Artinya, perangkat bakal tetap aman ketika tidak sengaja terkena air, bahkan hingga kedalaman 1,5 meter. Supaya pengguna tidak perlu terlalu worry tentunya.

Galaxy Z Flip4 5G juga dibekali baterai 3,700 mAh yang lebih besar, untuk durasi penggunaan yang lebih lama lagi. Ada empat opsi warna utama (Graphite, Pink Gold, Bora Purple, Blue) dan Galaxy Z Flip4 5G Bespoke Edition, hadirkan 75 kombinasi warna berbeda pada tampilan eksteriornya. Bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/128GB), Rp14.999.000 (8GB/256GB), & Rp16.999.000 (8GB/512GB) untuk opsi dengan penyimpanan memori terluas.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia