Fitur Edit Tweet Siap Hadir di Twitter Bulan Ini, Dengan Catatan Khusus

Jakarta, Gizmologi – Dari semua fitur yang sudah hadir di platform media sosial Twitter saat ini, yang paling banyak diminta oleh para penggunanya adalah sebuah kemampuan untuk edit tweet dengan berbagai alasan. Kabar baiknya, Twitter akhirnya bakal mengimplementasi fitur yang banyak dinanti tersebut.

Lewat cuitan langsung dari akun resminya, Twitter mengunggah sebuah tweet singkat yang mengatakan kalau “ini adalah tweet yang sudah di-edit, kami sedang menguji cobanya.” Mereka sendiri telah mengumumkan pengembangan dari fitur edit tweet setidaknya sejak April lalu, di mana tombol untuk melakukan hal tersebut sedang dibuat. Pengguna pun mulai menantikan kehadirannya.

Sebelum edit tweet, Twitter juga sudah mewujudkan salah satu keinginan penggunanya dengan menghadirkan tombol untuk undo tweet, alias menghapus tweet yang baru saja dikirimkan. Fitur ini serupa dengan sejumlah platform email populer, di mana pada rentang 30 detik pertama, tersedia tombol khusus untuk hal tersebut bila pengguna berubah pikiran.

Baca juga: Setahun Kemudian, Fitur Twitter Circle Akhirnya Tersedia Untuk Semua Pengguna

Pelanggan Twitter Blue Bisa Jajal Fitur Edit Tweet Lebih Dulu

Jadi kapan fitur edit tweet bisa dicoba oleh para penggunanya? Twitter sebutkan kalau fitur tersebut bakal hadir dalam beberapa pekan ke depan, secepatnya akhir bulan ini. Namun seperti fitur undo tweet, pengujian alias tes ini bakal terbatas ke sejumlah pengguna saja. Lebih spesifik lagi, mereka yang berlangganan Twitter Blue.

Twitter Blue sendiri memang hadir untuk berikan pengguna tingkat eksklusifitas lebih, dengan fitur-fitur ekstra, personalisasi tingkat lanjut, sekaligus kesempatan untuk menjajal fitur yang sedang dikembangkan lebih dulu. Tidak lain adalah fitur edit tweet yang diumumkan kemarin malam (1/9). Fitur ini juga bakal hadir untuk pengguna dalam satu negara lebih dulu.

Baca Juga :  Bikin Daftar Tugas (To Do List) Pakai Kertas atau Digital?

Tujuannya? Agar Twitter benar-benar bisa memantau bagaimana para penggunanya memanfaatkan fitur edit tweet ini, berjaga-jaga agar tidak disalah gunakan atau sampai mengubah bagaimana pengguna Twitter berinteraksi satu sama lain. Harapannya, supaya penggunanya bisa mencuitkan apa yang ingin disampaikan secara lebih nyaman dan tidak justru membuat lebih terasa jenuh.

Dalam kata lain, fitur edit tweet yang hadir akhir bulan ini ke mereka yang bersedia membayar kisaran Rp70 ribu per bulan bisa jadi akan berubah ke depannya. Belum ada info kapan Indonesia bakal kebagian, mengingat Twitter Blue sendiri baru tersedia di Australia, Kanada, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Berikan Transparansi Tinggi ke Semua Pengguna

Twitter Blue fitur edit tweet

Pada tahap awal kali ini, fitur edit tweet bakal memberitahukan bila sebuah tweet sudah diubah. Setelah mengirim tweet, pengguna akan diberi waktu 30 menit untuk melakukan perubahan dalam tweet tersebut, bisa hingga beberapa kali alias tidak satu kali waktu saja. Twitter pun mencoba untuk berikan transparansi untuk pembaca atau pengguna lainnya.

Pada tweet yang sudah di-edit, bakal ada keterangan khusus di bagian bawah, terletak di sebelah tanggal tweet tersebut dikirim. Bila di-klik, pengguna bisa melihat histori dari tweet tersebut, termasuk versi sebelumnya yang mungkin membawa saltik atau typo, tagar yang salah, atau alasan lainnya.

Bisa dibilang, fitur edit tweet lebih transparan dari platform lainnya. Sebut saja Instagram—ketika seorang pengguna mengubah caption sebuah foto dalam feed Instagram, hanya muncul tulisan “edited” saja. Tanpa cara untuk melihat caption sebelumnya.