Fitur Platform Media Sosial BeReal Siap Ditiru Oleh Instagram, Seperti Apa?

Jakarta, Gizmologi – Kiasan “amati, tiru, modifikasi” mungkin terasa pas untuk menggambarkan bagaimana platform media sosial milik Meta, yakni Instagram dalam menambahkan fiturnya dari masa ke masa. Kali ini, platform yang kian mirip dengan TikTok tersebut, mencoba untuk meniru fitur milik BeReal, sebagai platform yang sedang ngetren.

Bila Gizmo friends belum tahu, BeReal sendiri merupakan media sosial “anti Instagram”. Sesuai dengan namanya, pengguna hanya bisa mengunggah momen foto secara candid, alias tanpa edit dengan waktu tertentu. Aplikasi ini baru-baru saja sangat populer untuk kalangan Gen Z, alias kalangan yang dituju oleh Meta sebagai pengguna berbagai layanannya.

Baca juga: Gen Z Lebih Suka ‘Googling’ di TikTok Sama Instagram

Tentu ini bukan kali pertama Instagram terinspirasi dari platform lain untuk menambahkan fitur bagi para penggunanya. Belakangan, pengguna Instagram merasa dipaksa untuk unggah konten berjenis video. Di mana konten Instagram Reels kini lebih diutamakan, bahkan diberikan opsi untuk mengubah sejumlah foto yang diunggah menjadi konten Reels lewat notifikasi yang dikirim ke pengguna.

Instagram Uji Metode Unggah BeReal Secara Internal

Jadi seperti apa fitur BeReal yang ditiru oleh Instagram? Melalui sebuah fitur bernama ”IG Candid Challenges”, pertama kali ditemukan oleh pembocor informasi Alessandro Paluzzi. Lewat unggahan tweet-nya, terlihat sebuah tangkapan layar yang menunjukkan kalau fitur tersebut benar-benar sama seperti cara pengguna BeReal mengunggah momen harian.

Tertulis bila setiap harinya, pengguna Instagram bakal mendapatkan notifikasi dalam waktu berbeda, untuk mengabadikan foto dan membagikannya secara langsung. Waktu yang diberikan hanyalah dua menit, dan secara otomatis akan berikan akses kamera depan dan belakang untuk ambil momen candid. Yang kemudian momen tersebut bakal diunggah ke Instagram Stories.

Metode tersebut sama persis seperti yang ada pada platform BeReal. Tujuannya adalah agar momen yang diunggah benar-benar otentik, tidak diedit atau bahkan dikurasi seperti para pengguna Instagram kebanyakan. Pihak Meta pun mengonfirmasi terkait fitur IG Candid Challenges tersebut.

Christine Pai selaku perwakilan dari Meta mengatakan kalau fitur mirip BeReal tersebut sedang dalam tahap uji internal, dan sama sekali tidak diuji coba untuk eksternal alias pengguna biasa. Tidak ada informasi lebih lanjut terkait hal tersebut. Sehingga masih belum jelas apakah fitur ini bakal segera diimplementasi, atau sekadar percobaan yang nantinya juga tidak akan tersedia bagi pengguna.

Sedang Populer di Amerika Serikat

Instagram BeReal
Aplikasi BeReal

Setidaknya, dari hasil konfirmasi tersebut, BeReal benar-benar bisa menarik perhatian Meta sampai cara penggunaannya ditiru hampir sama persis. Bagaimana tidak, menurut lembaga riset Apptopia, peningkatan jumlah pengguna year-to-date bisa mencapai 315%. Telah berhasil diunduh sebanyak 43,3 juta kali sejak peluncuran perdananya di Desember 2019.

Wajar bila Gizmo friends belum pernah mendengarnya, karena 41 juta unduhan terjadi pada tahun ini—bisa dibilang mirip seperti Clubhouse yang baru populer satu tahun setelah peluncuran. Bila keduanya dibandingkan, BeReal masih lebih unggul dalam jumlah unduhannya pada satu semester.

Menariknya, walaupun berasal dari Perancis, BeReal lebih populer pada pengguna di Amerika Serikat, masuk ke jajaran aplikasi yang paling banyak diunduh di Apple App Store. Aplikasi ini juga tersedia baik di Google Play Store Indonesia, sehingga kamu bisa mencobanya bila penasaran.

Baca Juga :  Meta Perkenalkan Sistem Keamanan Data Pengguna Lewat Privacy100