Fitbit Sense 2, Versa 4 & Inspire 3 Rilis Bersamaan, Fitur Lebih Lengkap dengan Integrasi Google

California, Gizmologi – Merek wearables yang fokus hadirkan perangkat dengan fokus pada olahraga dan Kesehatan, Fitbit baru saja luncurkan produk smartwatch dan smartband terbarunya. Yakni Fitbit Sense 2, Versa 4 & Inspire 3, hadir setelah proses akuisisi oleh Google selesai pada 2021 lalu.

Ya, Google telah mengakuisisi Fitbit dengan proses yang dimulai sejak 2020, dan Fitbit sendiri telah hadirkan sejumlah pilihan smartwatch seperti Versa pasca mengakuisisi salah satu smartwatch yang paling tua, yakni Pebble. Langkah yang bisa dibilang cukup strategis, di mana Google bisa lebih menguasai wearables, sekaligus tingkatkan produk smartwatch-nya.

Baca juga: Fitbit Charge 5 Hadir Lebih Stylish, Punya Sensor ECG & EDA

Ketiga produk yang dihadirkan kali ini merupakan penyempurnaan dari masing-masing seri. Fitbit Sense 2 punya sensor Kesehatan paling lengkap, sementara Versa 4 terlihat identik dengan fokus pada fitur olahraga. Dan yang terakhir, yakni Fitbit Inspire 3, tidak kalah populer karena termasuk salah satu lini gelang pintar paling populer.

Fitbit Sense 2 & Versa 4 Dibuat Lebih Tipis

Fitbit Sense 2

Diumumkan langsung lewat blog resmi Google, tiga seri perangkat Fitbit terbaru ini hadir untuk mendorong penggunanya menjalankan gaya hidup lebih sehat, baik secara fisik, mental dan rutinitas hariannya. Untuk smartwatch, Fitbit Sense 2 dan Versa 4 dirancang lebih tipis dan ringan, agar lebih nyaman saat digunakan. Beberapa bagian telah disempurnakan dari generasi sebelumnya.

Sebut saja peletakan tombol yang digeser sedikit ke atas, serta sensor pada Fitbit Sense 2 yang diintegrasikan ke bagian layar lewat teknik pengubahan material dari metal menjadi vapor. Ada Body Response sensor untuk secara otomatis melacak aktivitas electrodermal (cEDA), lebih tepatnya sebagai pemantauan tingkat stres yang berlaku secara kontinyu.

Baca Juga :  Setahun Kolaborasi, Ini Sederet Fitur Bibit dan Bank Jago untuk Investasi Reksa Dana
Fitbit Versa 4

Sensor yang ada pada Fitbit Sense 2 juga bisa melacak denyut jantung, perubahan nilai, sampai suhu kulit untuk mengetahui potensi timbulnya stres. Notifikasi yang ditampilkan nantinya bakal lebih informatif, berikan saran seperti input mood, latihan pernapasan, sesi mindfulness dan lainnya. Secara langsung dari layar perangkat atau aplikasi di smartphone.

Baik Fitbit Sense 2 maupun Versa 4 sama-sama memiliki daya tahan baterai sampai 6 hari (atau 3 hari dengan AOD), plus fast charging untuk penggunaan seharian penuh dalam pengisian 12 menit saja. Nantinya, Google akan integrasikan layanan Google Wallet serta Google Maps, lengkap dengan navigasi secara mendetail langsung dari pergelangan tangan.

Fitbit Inspire 3 Akhirnya Pakai Layar OLED

Fitbit Inspire 3

Selain Fitbit Sense 2 dan Versa 4, hadir Inspire 3 sebagai gelang pintar terbaru Fitbit. Tak lagi gunakan layar monokrom, kini konten yang ditampilkan sudah melalui layar OLED. Meski meningkat, daya tahan baterai diklaim tetap bisa sampai 10 hari, kecuali dengan AOD yang menurunkan masa pakai sampai 50%.

Walaupun kecil, Fitbit masih bisa integrasikan fitur pelacakan kualitas tidur sampai tingkat stres ke Fitbit Inspire 3. Plus pendeteksian saturasi oksigen dalam darah (SpO2) hingga pelacakan berbagai macam olahraga. Termasuk berenang, berkat sertifikasi 5ATM alias masih bisa berfungsi hingga kedalaman 50 meter di bawah permukaan air.

Pre-order dari ketiga wearables Fitbit terbaru sudah dimulai saat ini secara global. Harga Fitbit Sense 2 dibanderol mulai USD299 (Rp4,5 jutaan), sementara Fitbit Versa 4 sedikit lebih murah di USD229 (Rp3,4 jutaan). Sementara untuk Fitbit Inspire 3, dijual seharga USD99,95 (Rp1,4 jutaan). Dari ketiganya, mana yang paling menarik perhatian Gizmo friends?