Duolingo English Test Mudahkan Belajar di Luar Negeri

Jakarta, Gizmologi – Duolingo English Test (DET) telah menjadi bagian dari tes kecakapakan berbahasa Inggris yang diadopsi oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Kehadiran DET merupakan bagian dari misi Duolingo dalam mengembangkan pendidikan terbaik di dunia dan membuatnya tersedia secara universal.

“Akses pada tes bahasa Inggris yang terjangkau dan nyaman telah menimbulkan banyak tekanan bagi pelajar maupun mahasiswa di Asia, seringkali kami mendengar mereka harus bepergian ke kota lain atau bahkan negara lain untuk mengikuti ujian. Kami ingin menawarkan pengalaman yang secara signifikan dapat lebih memahami kebutuhan mereka,” terang Carrie Wang, Head of Duolingo English Test and Regional Business Lead of Asia.

Komitmen DET untuk menjadi bagian dari usaha pelajar dan mahasiswa belajar di luar negerti tidak lepas dari semakin tingginya minat mereka untuk meraih gelar akademik dari salah satu universitas unggulan di negara maju. Menurut statistik UNESCO, terdapat 53.604 mahasiwa di Indonesia yang melanjutkan studi di luar negeri selama tahun 2021 dan jumlah ini diprediksi akan terus meningkat setiap tahun.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penambah Skill yang Dibutuhkan di 2022

Adopsi Duolingo English Test dalam Tes Kecakapan Bahasa Inggris

duolingo
DET dibuat untuk memudahkan proses tes seleksi bahasa Inggris bagi pelajar.

Selama ini proses seleksi penerimaan pelajar dan mahasiswa untuk belajar di luar negeri, LPDP dan IISMA menggunakan tes standar seperti TOEFL, IELTS, dan PTE. Dan sejak tahun 2022 ini, bertambah satu tes tersebut melalui DET sebagai alternatif dari tes konvensional.

LPDP menggunakan penilaian bahasa Inggris seperti DET untuk kategori Daerah Afirmasi Pra-Sejahtera dan Putra Putri Papua (Siswa Papua), dengan tujuan meningkatkan prospek dan kesempatan mendapatkan beasiswa di seluruh Indonesia. Sementara itu IISMA menggunakan DET untuk jalur vokasi (VHE) dan sarjana.

Baca Juga :  Pasar Kripto Guncang, Zipmex Tawarkan Aset Baru Investasi di ZipUp+

Duolingo English Test (DET) dapat dilakukan secara online kapan saja dan di mana saja. Hanya butuh 1 jam, dan hasilnya akan tersedia dalam dua hari. DET sekarang dapat diterima di hampir 4000 institusi di seluruh dunia seperti Universitas Columbia, Universitas Yale, Universitas Warwick, Imperial College, Universitas Toronto, Universitas Duke, John Hopkins, UCLA, UCL, dan lainnya.

Poin paling penting dari kehadiran DET yakni kenyataan bahwa program ini dikembangkan dengan mempertimbangkan akses bagi pelajar dan hanya bertarif US$49 atau sekitar Rp686.000 sehingga terjangkau bagi pelajar.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News