DJI Osmo Mobile 6 Bawa Fitur Quick Launch, Punya Tombol Putar Baru

Jakarta, Gizmologi – Meski teknologi kamera pada smartphone sudah banyak dilengkapi dengan sistem stabilisasi pada video, produsen aksesori seperti DJI masih terus luncurkan seri gimbal terbarunya. Lewat DJI Osmo Mobile 6, produk ini tidak mengutamakan kemampuan stabilisasi, namun lebih mengedepankan kamera smartphone yang bisa lebih dimaksimalkan.

Seri sebelumnya, DJI Osmo Mobile 5 (atau juga disebut dengan DJI OM5), sudah kami ulas dan memang benar-benar memudahkan proses perekaman. Dibandingkan generasi sebelumnya, desainnya dibuat jauh lebih portabel dan intuitif, bahkan memiliki extension rod alias bisa dipanjangkan layaknya tongsis. DJI Osmo Mobile 6 sendiri tampil cukup identik.

Hanya saja, opsi warnanya dibuat lebih gelap dan dirancang tahan kotor. Gimbal terbaru DJI satu ini memiliki bobot kisaran 309 gram, dan bisa menopang smartphone berdimensi besar maupun berat seperti iPhone 14 Pro Max, selama masih tidak melebihi 290 gram. Selain warna, DJI Osmo Mobile 6 juga dilengkapi dengan indikator dan sebuah tombol pengendalian tambahan.

Baca juga: DJI Avata, Drone FPV Terbaru dengan Sensor 48MP & Perekaman Video 4K60

Pengendalian DJI Osmo Mobile 6 Jauh Lebih Mudah

DJI Osmo Mobile 6

Selain extension rod yang sudah terintegrasi di bagian dalam grip, area sekitar joystick diperbarui untuk kendali yang lebih cepat. Di atas joystick, DJI Osmo Mobile 6 memiliki lampu indikator baterai dan status perangkat. Di sebelahnya, ada empat indikator lampu yang bakal aktif sebagai petunjuk mode yang sedang digunakan.

Masing-masing mode yang dihadirkan ke DJI Osmo Mobile 6; Follow untuk video dengan gerakan sekitar obyek atau horizontal, Tilt Locked yang lebih stabil dengan horizon yang sudah ditentukan, FPV untuk pengambilan video lebih dinamis dan SpinShot untuk gerakan mendekat dan menjauh sekaligus rotasi kamera sekitar obyek.

Baca Juga :  Cuan! Lahan RansVerse Milik Raffi Ahmad Habis Terjual
DJI Osmo Mobile 6

Pada samping kiri bagian grip, ada sebuah tombol baru yakni side wheel. Tombol ini dapat diputar untuk mengatur tingkat zoom dan fokus kamera secara presisi. Pengguna juga cukup menekan tombol tersebut agar dapat berpindah dari dua mode di atas. Sementara tombol record dan tombol untuk berganti kamera tetap ada di sebelah kanan joystick.

Ketika dipasangkan ke iPhone, DJI Osmo Mobile 6 bakal secara otomatis mengirimkan sinyal untuk munculkan pintasan akses DJI Mimo. Dengan begitu, proses dari awal memasangkan smartphone secara magnetik sampai benar-benar bisa rekam video diklaim tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Harga DJI Osmo Mobile 6 Mulai Rp2 Jutaan

DJI Osmo Mobile 6

Dilengkapi stabilisasi 3-axis, DJI Osmo Mobile 6 kini didukung dengan fitur ActiveTrack 5.0. Peningkatan stabilisasi yang dibawa kali ini adalah bisa lakukan focus tracking dari jarak yang lebih jauh. Sekaligus hadirkan kemampuan tersebut ke kamera depan, termasuk untuk menggerakkan gimbal agar bisa berputar. Sehingga lebih mudah untuk dokumentasikan subyek dan tetap terus berada di tengah frame.

Untuk membantu agar pemilik bisa hasilkan video lebih kreatif, fitur pendukung lainnya juga dibawa dari seri sebelumnya seperti Timelapse, DynamicZoom, Gesture Control, Panorama dan Story Mode. Aplikasi DJI Mimo juga hadir tak sekadar untuk hubungkan gimbal dengan smartphone, juga memiliki sejumlah template pengambilan video yang bisa dipilih sesuai jenis konten.

Harga DJI Osmo Mobile 6 dibanderol mulai USD159 (Rp2,3 jutaan), sudah termasuk dengan clamp magnetik, tripod, kabel pengisi daya dan pouch untuk menyimpan semua aksesori tersebut. Di Indonesia, perangkat ini bakal tersedia melalui distributor Erajaya, dengan harga Rp2,479 juta.