DJI Avata, Drone FPV Terbaru dengan Sensor 48MP & Perekaman Video 4K60

Jakarta, Gizmologi – Sebagai vendor yang lebih dikenal dengan perangkat kamera seperti action camera maupun drone, DJI selalu hadirkan opsi baru pagi para kreator konten yang saat ini semakin beragam. Perangkat terbarunya, DJI Avata, hadir sebagai drone first-person view alias FPV, bisa dikendalikan dengan goggle khusus.

Opsi drone FPV di pasar sendiri memang tidak sebanyak drone konvensional, yang notabene lebih murah dan lebih mudah untuk dikendalikan. Namun jenis drone seperti DJI Avata bisa berikan efek yang lebih imersif, seolah pengendali drone bisa melihat atau merasakan langsung proses terbang dari kamera perangkat.

Menariknya, konsumen di Indonesia tak perlu menunggu lama untuk kehadiran drone terbaru DJI satu ini. Erajaya Active Lifestyle selaku distributor resmi perangkat DJI, secara langsung membuka pre-order DJI Avata sejak 25 Agustus 2022. Hadir dalam dua paket berbeda dan bisa didapatkan baik secara daring maupun luring melalui DJI Official Store.

Baca juga: Gimbal DJI seri Ronin Sudah Bisa Dipesan Offline dan Online

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle mengatakan bila pihaknya menyambut baik kehadiran drone terbaru ini. “Drone FPV memberikan pengalaman yang lebih imersif dibandingkan menerbangkan drone biasa.” Ia meyakini bahwa konsumen bakal semakin tertarik dengan DJI Avata berkat fitur yang lebih menarik dan lebih powerful, untuk konten yang lebih dramatis dan spektakuler.

Punya Stabilisasi Ganda & Turtle Mode

DJI Avata

Secara desain, DJI Avata tampil dalam warna gelap, dilengkapi empat baling-baling berukuran sama yang dipasangkan bersama propeller guards alias pelindung dari obyek eksternal. Bobotnya sendiri mencapai 410 gram, dan drone FPV terbaru ini didukung oleh baterai berkapasitas 2,420 mAh. Diklaim cukup untuk penerbangan hingga durasi 18 menit.

Baca Juga :  Indonesia Jadi Pengguna Satelit Terbesar di Asia

Pada bagian depan, terdapat sebuah kamera dengan sensor CMOS cukup besar mencapai 1/1,7 inci. Sensor tersebut memiliki lensa sudut pandang lebar 155 derajat, bisa mengambil foto dalam resolusi maksimum 48MP, serta perekaman video maksimum 4K 60fps. Juga terdapat opsi 2.7K pada 50/60/100/120fps. Opsi kendalinya sendiri bermacam-macam.

DJI Avata

Dengan performanya yang tinggi, DJI Avata bisa dioperasikan layaknya drone tradisional, terbang secara kencang maupun keluar dan masuk ke area sempit. Ada tiga mode pengoperasian utama; normal dengan sensor pendeteksi sekitar aktif, manual untuk kendali penuh, atau sport yang bisa bergerak dinamis sekaligus tetap mengaktifkan sensor-sensor keamanan yang ada pada perangkat. Seperti Infrared Sensing System & Downward Vision System.

Ada stabilisasi ganda DJI RockSteady & HorizonSteady untuk kualitas terbaik. Selain mendukung slot kartu microSD, DJI Avata juga punya penyimpanan internal 20GB. Salah satu fitur unik terbaru, Turtle Mode, bisa membalikkan drone otomatis saat mendarat secara terbalik, kemudian kembali bisa digunakan untuk terbang.

Harga DJI Avata di Indonesia

DJI Avata

Lewat sistem pre-order yang dibuka sampai 8 September mendatang, harga DJI Avata dibanderol mulai Rp17,1 juta untuk paket Fly Smart Combo, terdiri dari perangkat DJI Avata, DJI FPV Goggles V2 dan DJI Motion Controller. Bisa didapatkan di DJI Experience Store maupun toko resmi di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Akulaku, Lazada, dan JD.ID.

DJI Avata juga ditawarkan dalam paket Pro-View Combo seharga Rp20,7 juta. Sudah termasuk dengan DJI Googles 2, dirancang lebih kecil dan ringan untuk digunakan. Headset tersebut punya layar micro OLED dan bisa tayangkan video 1080p 100fps dengan delay hanya 30 milidetik saja. Dapat beroperasi hingga jarak sejauh 10 kilometer.

Baca Juga :  Telkom Bikin metaNesia, Dunia Metaverse Berisi Muatan Lokal Indonesia