Digitalisasi Perbankan, Alibaba Cloud Hadirkan Layanan KYC hingga Blockchain di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Tren digitalisasi perbankan kian masif dan mempengaruhi aspek perekonomian di Indonesia. Menjawab tantangan itu Alibaba Cloud menghadirkan lima produk layanan keuangan baru di tanah air.

Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, mengatakan lima produk baru tersebut mulai dari pengujian aplikasi seluler, basis data relasional, solusi online jarak jauh hingga layanan cloud blockchain terbuka dan layanan pesan singkat/ChatApp.

“Dengan memperkenalkan layanan keuangan kelas dunia yang diunggulkan dalam keamanan, ketahanan, dan kinerja tinggi, kami berharap dapat membantu nasabah di sektor keuangan untuk menggali lebih banyak peluang pertumbuhan dan tetap kompetitif di era digital,” ujar Leon kepada awak media (26/7).

Melalui produk-produk solusi yang memiliki kinerja tinggi, dengan sistem ketahanan dan keamanan, Alibaba Cloud telah melayani nasabah perbankan dan fintech seperti Bank Sumut, DOKU dan Astra Financial untuk menangkap peluang pertumbuhan dengan lebih baik.

Sebagai platform cloud, Alibaba menyediakan layanan pengujian perangkat untuk perusahaan dan pengembang seluler. Layanan ini membantu mendeteksi risiko tersembunyi di aplikasi, antara lain masalah kompatibilitas dan fungsionalitas.

“Memanfaatkan pembelajaran mesin, layanan ini dapat dengan cepat mengidentifikasi, menentukan, dan mengatasi masalah serta meningkatkan kinerja pengujian,” ujarnya.

Layanan Data Center Alibaba Cloud di Indonesia

Adapun solusi EKYC atau electronic know your customer menjadi highlight Alibaba Cloud yang memungkinkan proses verifikasi jarak jauh secara online. Dengan otentifikasi yang lebih efisien dan akurat, Alibaba Cloud mengklaim solusi layanan keuangan ini hanya memakan waktu sekitar 8 detik sampai proses selesai.

Alibaba Cloud juga membawa jaringan Blockchain as a Service (Baas) ke level perusahaan, sehingga platform perbankan digital bisa menggunakan teknologi cloud blockchain secara terbuka aman dan mudah digunakan. BaaS juga menyediakan perlindungan keamanan tingkat lanjut menggunakan teknologi enkripsi.

Baca Juga :  5 Kelebihan Samsung Galaxy Watch 5 Pro, Harga Rp6 Jutaan

Baca Juga: Hadirkan Banyak Inovasi, Alibaba Cloud Patuhi Kebijakan PSE Kominfo

“Alibaba Cloud juga berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk dan solusi tercanggih guna memenuhi permintaan pelanggan kami di Indonesia yang terus meningkat,” kata Eggy Tanuwijaya, Head of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia.

Guna mendukung kestabilan jaringan dan layanannya Alibaba Cloud telah membangun tiga data center dan satu pusat scrabing data di Indonesia. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik.

Sejauh ini Alibaba Cloud telah memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia. Kehadiran data center ini menawarkan rangkaian produk dan layanan yang komprehensif mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, dan middleware.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News