Developer Minecraft Larang NFT Ada di Dalam Game

Jakarta, Gizmologi – Meski banyak game yang sudah menerapkan konsep NFT agar pemainnya bisa mendapat uang dari game, Minecraft justru punya pandangan berbeda. Mojang Studio melarang segala bentuk NFT dan blockchain muncul dalam permainannya.

Dalam sebuah posting blog berjudul “Minecraft dan NFTS,” studio, yang dimiliki oleh Microsoft, menulis bahwa integrasi NFT dengan Minecraft umumnya bukan sesuatu yang akan didukung atau izinkan.

“Untuk memastikan setiap pemain Minecraft mendapat pengalaman yang aman dan inklusif, teknologi blockchain dilarang diintegrasikan ke aplikasi klien dan server, begitu juga dalam bentuk konten di dalam game Minecraft seperti world, skins, persona items, ataupun mods lain, yang menggunakan teknologi blockchain untuk menciptakan aset digital,” tulis Mojang dalam blog resminya.

Menurut Mojang, NFT atau berbagai bentuk teknologi blockchain ditakutkan akan merusak pengalaman para pemain setia Minecraft yang diperkirakan mencapai 141 juta pemain pada Agustus lalu. Kehadiran blockchain merupakan harga spekulatif serta mentalitas investasi yang sering dikaitkan dengan NFT membuat fokus pemain bisa beralih dari game.

Ditambah lagi adanya kemungkinan kalau NFT dari pihak ketiga mungkin tidak berkualitas dan berpotensi merugikan pemain. Misalnya NFT yang dijual dengan harga yang digelembungkan, yang bisa merugikan para pemain, terutama karena banyak pemain Minecraft yang masih belia.

“Kami memiliki aturan ini untuk memastikan bahwa Minecraft tetap menjadi komunitas tempat setiap orang memiliki akses ke konten yang sama. Namun, NFT dapat membuat model kelangkaan dan pengecualian yang bertentangan dengan pedoman kami dan semangat Minecraft,” jelas Mojang.

Sejatinya, Mojang tidak sepenuhnya menutup diri dari perkembangan teknologi blockchain di masa depan. Hanya saja, mereka akan melakukannya, jika kontribusi sistem tersebut telah memungkinkan pengalaman bermain yang lebih aman, praktis dan inklusif.

Baca Juga :  Kelebihan & Kekurangan Harga Rp3 Jutaan

“Kami tidak memiliki rencana untuk menerapkan teknologi blockchain ke dalam Minecraft sekarang,” tegasnya dilansir laman The Verge,

Di sisi lain, bukan hanya Minecraft yang menolak praktek NFT di dalam game. Valve juga mengambil sikap keras terhadap game blockchain dan NFT di Steam, dan banyak komunitas game telah dengan baik menolak NFT, dengan Ubisoft berhenti membuat NFT untuk breakpoint Ghost Recon hanya beberapa bulan setelah meluncurkan inisiatif.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News